Lampung Terima Dana Transfer Rp21,07 Triliun untuk Tahun 2022

Tanggal 01 Des 2021 - Laporan - 420 Views
Gubernur Arinal Djunaidi saat memberikan sambutan

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung menerima dana transfer sebesar Rp21,07 triliun dari pemerintah pusat untuk tahun 2022.

Jumlah tersebut meliputi DBH pajak dan sumber daya alam, dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK) fisik, DAK nonfisik, dana insentif daerah (DID) serta dana desa.

Hal itu terungkap dalam penerimaa DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) serta TKDD (Transfer Ke Daerah dan Dana Desa) Tahun Anggaran 2022 di Balroom Hotel Novotel, Rabu (1-12-2021). 

Gubernur mengatakan, total belanja negara tahun 2022 mencapai Rp2.714,2 triliun. 

"Dari jumlah itu Rp945,8 triliun akan dialokasikan kepada 82 kementerian/lembaga. Sedangkan TKDD tahun 2022 dialokasikan sebesar Rp769,6 triliun," jelasnya.

Menurut Arinal, anggaran itu diarahkan untuk peningkatan harmonisasi belanja kementerian/lembaga dan TKDD, kualitas SDM Pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur publik daerah. 

"Lalu, dana desa akan dioptimalkan sebagai instrumen untuk pemulihan ekonomi skala desa dan percepatan penanganan kemiskinan ekstrim," terangnya.

Kemudian untuk Provinsi Lampung menerima alokasi belanja bagi kementerian dan lembaga Rp8,36 triliun yang ditujukan bagi 468 Satuan Kerja. 

"Sedangkan untuk Alokasi transfer ke daerah di Lampung sebesar Rp21,07 triliun," tuturnya.

Menurut gubernur, percepatan realisasi belanja pemerintah di masa pandemi menjadi salah satu penggerak utama roda perekonomian, dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaannya. 

Karena itu, gubernur mengajak para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan semua pihak yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan, agar dapat menjaga amanah dengan baik. 

"Jajaran Pemerintah harus membuktikan dapat bekerja dengan cepat, responsif dan bertanggungjawab terhadap segala permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara kita," terangnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com