Antisipasi Inflasi Jelang Nataru, Gubernur Rakor dengan TPID

Tanggal 02 Des 2021 - Laporan - 458 Views
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Rabu (1-12-2021).

Rapat koordinasi itu untuk memastikan ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harga pangan serta kesiapan fasilitas dan moda transportasi umum.

Gubernur Arinal Djunadi mengatakan, kondisi perekonomian Provinsi Lampung tahun 2021 masih dibayangi situasi pandemi covid-19. 

Meski demikian, pemerintah juga dituntut mampu mempertahankan tingkat inflasi agar tetap terjaga pada titik keseimbangan sehingga perekonomian kita tetap dapat tumbuh positif.

"Saat ini, menjaga keseimbangan pasokan dan kebutuhan sangat penting. Agar nataru tidak terjadi tekanan yang signifikan terhadap harga-harga. Khususnya untuk beberapa bahan pokok di pasaran," terangnya.

Karena itu, Arinal mengajak seluruh pihak terkait agar bersama-sama mengendalikan inflasi di Provinsi Lampung, dengan menerapkan strategi 4K: ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi serta komunikasi yang efektif.

Gubernur juga meminta kepada para bupati/walikota agar betul-betul memperhatikan data di wilayah masing-masing. 

"Karena data yang valid dibutuhkan untuk mengambil kebijakan dan melaksanakan program yang tepat," ujarnya.

Untuk itu, Arinal menegaskan perlunya mengoptimalkan Pusat Informasi Harga Strategis, serta lakukan pemantauan langsung ke lapangan guna memastikan ketersediaan stok pangan baik milik pemerintah maupun pelaku usaha.

"Pastikan data neraca pangan di daerah telah tersedia dan akurat. Sehingga jika terjadi persoalan kekurangan pangan bisa dengan cepat di atasi. Berdasarkan data tersebut pula, perdagangan antar daerah bisa didorong dan kerjasama antar daerah bisa diperkuat," terangnya.

Arinal juga meminta Satgas Pangan agar siap menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selaku konsumen dalam mengkonsumsi komoditas pangan.

Selain itu, aparat penegak hukum, perangkat daerah serta lembaga terkait lainnya agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang baik. "Para bupati/walikota untuk terus memberikan informasi yang positif dan optimis pada masyarakat," ucapnya.

Diketahui, kegiatan itu juga dihadiri unsur Forkopimda, pimpinan Himpunan Bank Negara (Himbara), Bulog dan sejumlah Pejabat Eselon II. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com