Cuaca Ekstrim, Warga Lambar Diminta Waspada

Tanggal 09 Des 2021 - Laporan - 789 Views
Jalan raya Kota Liwa, Kabupaten Lampung Barat digujur hujan deras

MOMENTUM, Liwa--Masyarakat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam. Menyusul cuaca ekstrim dengan intesitas hujan yang sangat tinggi, akhir-akhir ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lambar Maidar mengatakan, prediksi tingginya curah hujan dalam dua bulan mendatang sudah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika 

Provinsi Lampung. 

"Jadi berdasarkan buletin cuaca yang dikeluarkan BMKG Provinsi Lampung,  intensitas hujan diperkirakan kecepatannya hingga 350 sampai 450 milimiter. Karena itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung," kata Maidar, Kamis (9-12-2021).

Maidar juga meminta masyarakat lebi memperhatikan kebersihan lingkungan . Salah satunya, dengan membersihkan saluran-saluran air dari sampah yang dapat menyebabkan banjir akibat hujan deras.

"Selain masyarakat, pengguna jalan juga harus waspada, karena saat curah hujan tinggi sering mengakibatkan bencana alam utamanya tanah longsor di kanan kiri badan jalan nasional karena banyak tebing dan perbukitan," imbaunya.

Sebagai langkah antisipasi, BPBD Lambar telah mengintruksikan tim penanggulangan bencana di tiap pekon/desa agar selalu memonitor kondisi di wilayah masing-masing. 

"Intinya Satgas penanggulangan bencana yang ada di tingkat pekon maupun kecamatan sudah kita minta untuk mengarahkan masyarakat agar berhati-hati dan harus tetap bersiaga," ungkapnya. (**)

Laporan: sulemy

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com