Baru 62,12 Persen, Bapenda Tulangbawang Yakin Hingga Akhir Tahun Realisasi PAD Meningkat

Tanggal 14 Des 2021 - Laporan - 427 Views
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Menggala--Pandemi covid-19  turut mempengaruhi realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tulangbawang. Meski demikian, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat yakin hingga akhir tahun realisasi PAD tahun 2021 akan terus meningkat.

Kepala Bapenda Kabupaten Tulangbawang Ferli Yuledi mengatakan, dari target PAD Rp35 miliar lebih, saat ini sudah  terealisasi 62,12 persen.

"Sampai 3 Desember lalu, realisasi PAD sudah mencapai Rp22 miliar lebih atau 62,12 persen dari target yang ditetapkan," kata Ferli, Selasa (14-12-2021).  

Dia merinci, realisasi PAD itu berasal dari 12 item: pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan. Kemudian: pajak parkir, air tanah, sarang burung walet, mineral bukan logam dan batuan. Lalu: pajak bumi dan bangunan pedesaan, perkotaan (PBB-P2), pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), dan piutang pajak bumi dan bangunan pedesaan, perkotaan.

"Untuk pajak hotel dan penerangan jalan overload. Dari target pajak hotel Rp125 juta lebih terealisasi Rp215 juta lebih atau  171,72 persen," ungkaanya.

Sedangkan pajak penerangan jalan, dari target Rp14,4 miliar terealisasi Rp14,896 miliar lebih atau meningkat 3,45 persen dari target yang ditetapkan.

Dia menyebut, ada beberapa kendala dalam pemenuhan realisasi PAD dari sektor pajak hiburan dan restoran, karena  pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Meski demikian, Ferli yakin  hingga akhir tahun 2021, persentase realisasi PAD dapat terus meningkat.

"Beberapa, wajik pajak berjanji segera menyelesaikan kewajibanya, seperti pajak jalan tol  senilai Rp2,3 miliar. Karena itu kita yakin, realisasi PAD akan terus meningkat hingga akhir tahun angggaran," ungkapnya. (**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com