Stok Bahan Pangan di Pesawaran Aman

Tanggal 15 Des 2021 - Laporan - 910 Views
Satgas Pangan Kabupaten Pesawaran memantau stok dan harga bahan pangan di pasar tradisional

MOMENTUM, Kedondong--Stok dan harga kebutuhan bahan pokok seringkali tidak stabil. Terlebih menjelang hari-hari besar, seperti perayaan natal dan tahun baru.

Untuk menjaga stabilitas harga dan stok bahan kebutuhan pokok, jajaran  Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kabupaten Pesawaran melakukan pemantauan di sejumlah pasar tradisional. Salah satunya Pasar Kedondong.

"Hasil pantauan tim satgas pangan tadi, stok bahan pangan masih aman. Harganya pun relatif stabil," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran Awaludin," Rabu (15-12-2021).

Dia menyebut ada beberapa komoditi bahan pangan yang mengalami kenaikan harga. Meski demikian, menurut dia, kenaikan harga itu masih dalam kategori wajar.

"Bawang merah, telur, minyak goreng memang mengalami kenaikan harga, berkisar Rp2 ribuan. Jadi masih terbilang wajar. Kalau cabai merah, justru turun. Pekan lalu satu Rp60 ribu. Sekarang Rp45 ribu," ungkapnya.

Menurut dia, terjadinya kenaikan harga itu lebih disebabkan faktor tingginya permintaan pasar. 

"Biasanya menjelang hari-hari besar, seperti natal dan tahun baru, ada peningkatan konsumsi masyarakat. Dengan begitu otomatis permintaan pasar pun akan tinggi. Itu yang memicu kenaikan harga, walaupun tidak terlalu signifikan," terangnya.  

Dia juga mengimbau masyarakat tidak melakukan panic buying atau pembelian secara berlebihan. Apa lagi menimbun stok bahan pangan.

"Stok bahan pangan relatif aman. Terlebih sebagian besar bahan pangan memang berasal dari daerah kita sendiri. Jadi nggak usah khawatir, hindari belanja berlebihan. Apa lagi menimbun," imbaunya.

Pemantauan oleh satgas pangan itu melibatkan sejumlah instansi, antara lain: Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan serta Dinas Pertanian setempat. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com