Antisipasi Varian Omricon, Dinkes Lampung Mulai Kirimkan Sampel Swab

Tanggal 17 Des 2021 - Laporan - 669 Views
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana

MOMENTUM, Bandarlampung--Guna mengantisipasi adanya kasus varian baru covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung akan mengirimkan sampel swab untuk pengcekan WGS (whole-genome sequencing).

Terlebih, menurut Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, varian omricon lebih cepat menular dibandingkan varian delta. Bahkan, bisa lima kali lebih cepat menular. 

"Iya sudah berjalan. Jadi kami rutin mengirimkan sampling untuk pengecekan WGS," kata Reihana saat dimintai keterangan, Jumat (17-12-2021).

Selain itu, Reihana juga mengingatkan agar pelaku perjalanan yang hendak masuk ke Lampung wajib menunjukkan surat keterangan negatif covid-19 hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Antigen.

"Bagi yang ternyata tidak dapat menunjukkan negatif Covid-19 maka harus kembali ke daerahnya," teasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan adanya temuan kasus varian omicron di Indonesia pada Kamis (16-12) kemarin.

Kasus itu pertama kali terdeteksi pada seorang petugas kebersihan berinisial N yang bekerja di RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

"Kementerian Kesehatan telah mendeteksi seorang pasien terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember. Data-datanya sudah kita konfirmasikan ke GISAID dan telah dikonfirmasi kembali," jelasnya.

Dia menjelaskan, sejak 8 Desember terdapat tiga kasus konfirmasi covid-19. Ketiganya pun langsung dilakukan pemeriksaan WGS. Hasilnya satu dari tiga orang itu terkonfirmasi varian omricon. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com