Bupati Lamtim Ingatkan Camat soal Target Vaksinasi Covid-19

Tanggal 20 Des 2021 - Laporan - 626 Views
Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo .

MOMENTUM, Sukadana--Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo mengingatkan camat soal target vaksinasi COvid-19 sebesar 70 persen pada akhir tahun 2021.

Peringatan itu terkait dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang akan memberikan sanksi kepada daerah yang capaian vaksinasinya rendah atau tidak sampai 70 persen.

Mendagri dalam kunjungan ke Sumatera Barat, Jumat (17-12-2021), mengancam akan memangkas Dana Insentif Daerah (DID) bagi daerah yang vaksinasi Covid-19 dosis pertama tak capai target.

Karena itu, Dawam meminta camat di wilayahnya untuk memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk menggenjot pencapaian vaksinasi Covid-19.

“Ini tidak main-main. Saya minta  kepada para camat agar dapat menjalankannya karena saat ini vaksinasi kita baru mencapai 62,6%,” tegas Dawam, Senin (20-12-2021).

"Tolong pak camat dan ibu camat yang UPT kesehatan masih ada vaksin, segera dihabiskan, waktu tinggal 10 hari lagi (mengakhiri tahun 2021), minimal mencapai 70 persen," pinta Dawam.

Untuk diketahui bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen, akan kami evaluasi berupa teguran dan akan diberikan sanksi berupa disinsentif atau tidak akan diberikan tambahan dana insentif daerah.

Meskipun begitu, Tito juga menjanjikan bagi daerah yang aksinasinya memenuhi target.  Kemendagri akan mengusulkan kepada Kementerian Keuangan untuk diberikan tambahan dana insentif daerah dan dana alokasi umum.

Selain itu, Tito menekankan jika suatu daerah angka capaian vaksinasi Covid-19 jomplang, maka akan mempengaruhi jumlah rata-rata nasional.

Tito mencontohkan Sumatera Barat, termasuk daerah yang rendah capaian vaksinasinya. "Karena itu, melihat Sumatera Barat (Sumbar) angka capaian vaksinnya masih di bawah 70 persen, maka saya inisiatif untuk ke sini. Saya sudah melapor ke Presiden, dan beliau minta untuk ditingkatkan," ujar Tito.

Dia mengatakan kedatangannya ke seluruh daerah di Indonesia, terutama yang capaian vaksin Covid-19 masih rendah, merupakan tugas langsung dari Presiden.

"Mendagri salah satu yang ditugaskan presiden untuk mendorong pemda mempercepat vaksinasi,” ucapnya.

Selain Mendagri, lanjut Tito, Presiden menugaskan Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, dan Jaksa Agung secara bersama dengan 'stakeholder' lainnya bergerak mendorong percepatan vaksinasi. (*)

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com