Pemkot Metro Komitmen Dorong Upaya Pengembangan IKM

Tanggal 21 Des 2021 - Laporan - 444 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin membuka Festival Kuliner dan Pameran Kerajinan di Rumah Sejarah kota setempat

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro terus mendorong dan komitmen mendukung berbagai kegiatan terkait upaya pengembangan industri kecil menengah.

Komitmen tersebut disampaikan Walikota Metro Wahdi Sirajuddin saat membuka Festival Kuliner dan Pameran Kerajian yang diselenggaran Dewan Kerajian Nasinal Daerah (Dekranasda) bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM setempat, Selasa (21-12-2021). Even bertajuk food coffee and craft exhibition itu berlangsung di Rumah Informasi Sejarah Kota Metro.

“Perkembangan IKM (industri kecil menengah) di Kota Metro didominasi produk  makanan dan minuman. Ini sejalan dengan misi pembanguan perekonomian, yakni meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam bidang ekonomi kreatif dan wisata keluarga,” kata walikota.

Kepala Dinas Koperasi UMK Kota Metro Siti Aisyah mengatakan, potensi IKM setempat sangat menjanjikan untuk terus berkembang sebagai tulangpunggung perekonomian masyarakat. Sekaligus penunjang perkonomian daerah dan nasional.

"Kita terus melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas produk UMKM dan IKM, agar lebih mampu bersiang di pasar yang lebih luas," kata Siti.

Salah satu upaya meningkatkan kualitas IKM, khususnya untuk jensi usaha kuliner, Pemkot Metro memberikan bantuan pengurusan dpenerbitan Sertifikasi Halal. 

"Sertifikat halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantuman label halal pada kemasan produk, dari BADAN POM RI atau Balai Besar POM. Pengadaan sertifikasi halal ini bertujuan untuk memastikan status kehalalan suatu produk, sekaligus menjamin kualitas produk sesuai standar yang ditentukan," terangnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dekranasda Kota Metro Silfia Naharani. Menurut dia, keragaman produk IKM di Kota Metro harus terus dikembangkan  potensi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Festival ini salah satu upaya kita untuk mengembangkan potensi IKM di Kota Metro," terangnya.(**)

Laporan: Opie/Rio

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com