Walikota Metro Resmikan Pasar Tani

Tanggal 24 Des 2021 - Laporan - 594 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin meresmikan kegiatan pasar tani di halaman kantor DKP3 setempat

MOMENTUM, Metro--Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro membentuk wadah pemasaran produk pertanian dan perikanan setempat. Wadah pemasaran tersebut diberi nama Pasar Tani. 

Pasar tersebut diresmikan langsung Walikota Metro Wahdi Siradjuddin. Peresmian berlangsung di halaman kantor DKP3 setempat,Jumat (24-12-2021).

“Pasar tani merupakan wadah pemasaran produk pertanian yang lebih ringkas dan menghubungkan petani langsung ke konsumen tingkat akhir. Dengan adanya pasar ini, petani dapat mempromosikan produk hasil budidayanya langsung kepada konsumen tingkat akhir,” kata Wahdi.

Walikota berharap, keberadaan pasar tani mampu mengatasi fluktuasi harga produk pertanian dan perikanan yang sering dikeluhkan petani. 

"Keberadaan pasar tani tentu membuka akses pasar lebih luas. Selain itu juga, dapat memberikan keuntungan yang lebih baik kepada petani, dibandingkan dijual di pengepul atau tengkulak," terangnya.

Transaksi di Pasar Tani Kota Metro juga bisa dilakukan secara onlien melalui website www.agroceria.kotametro.go.id. 

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, pasar tani merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah setempat untuk mendongkrak kesejahteraan petani.

“Aktifitas pasar tani ini dilakukan seminggu sekali. Kegiatan pasar tani ini juga no budget. Artinya tidak mengunakan anggaran pemerintah karena kegiatan ini hanya menyediakan fasilitas, seperti tenda untuk transaksi antara penjual dan pembeli,” jelasnya.

Kelak, lanjut dia, kegiatan pasar tani tidak hanya diadakan di halaman DKP3 Kota Metro. "Nanti kita upaya  diselenggarakan di kelurahan e-commerce melalui kelompok tani," kata Heri. (**)

Laporan: Opie/Rio

Editor: muniza

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com