HAB Ke-76, Kemenag Diharapkan Tetap Kompak

Tanggal 05 Jan 2022 - Laporan - 507 Views
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamtim Tarmizi pada apel HAB ke-76 Kemenag.

MOMENTUN, Batanghari--Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) diharapkan tetap kompak dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Hal itu disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamtim Tarmizi saat memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kemenag di halaman MTsN 1 Kecamatan Batanghari, Lamtim,  Senin (3-1-2022).

Tarmizi mengatakan Kementerian Agama merupakan instansi pemerintah yang berperan penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

"Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai kick off pelaksanaan program atau kegiatan tahun berjalan," ujar Tarmizi mewakili Bupati Lamtim membacakan sambutan Menteri Agama.

Menurut Tarmizi, Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua umat beragama, memberikan pelayanan bagi masyarakat, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

"Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021," tambahnya.

Selain itu lanjut dia Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama dan oraganisasi kemudian dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya.

"Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016," katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Lampung Timur Indrajaya mengatakan untuk memeriahkan HAB Ke-76, digelar berbagai kegiatan. Seperti anjangsana ke Pondok Pesantren dan Yayasan Yatim Piatu, donor darah dan santunan BSM, dan olah raga bersama. (*)

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com