Metro Optimalkan Program Jama-PAI

Tanggal 03 Jan 2022 - Laporan - 601 Views
Kepala Dinas P3APP-KB Kota Metro Prayetno (berdiri paling kanan) memaparkan program Jama-PAI .

MOMENTUM, Metro--Penurunan stunting atau gangguan pertumbuhan tubuh anak akibat kekurangan gizi, menjadi salah satu prioritas program kerja 

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APP-KB) Kota Metro pada tahun 2022.

Upaya penurunan stunting itu dilaksanakan melalui program Jama-PAI atau Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu. 

"Sistematika program tahun 2022 berupa penurunan kasus stunting pada anak. Selain itu, tugas pokok kami untuk perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengendalian kuantitas penduduk dan KB," kata Kepala Dinas P3APP-KB Kota Metro Prayetno saat pemaparan program Jama-PAI di ruma dinas walikota setempat, Senin (3-1-2022).

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan pencapaian program tersebut, P3APP-KB Kota Metro telah melakukan beberapa langkah: menjalin kerjasama dengan instansi lintas sektoral di bidang pendidikan. Kerjasama itu, diantaranya terkait pembentukan sekolah siaga kependudukan di sekolah-sekolah negeri dan lembaga pendidikan formal lainya. 

“MoU ini mulai dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. KUA dalam melakukan pendampingan calon pengantin. Sedangkan kegiatan di tahun 2022 dengan penetapan posyandu prakonsepsi, minimal dua posyandu di tiap kelurahan serta kegiatan perempuan berdaya anak terlindungi,” jelasnya.

Di tempat sama, Walikota Metro Wahdi Sirajuddin meminta, seluruh satuan kerja terkait harus terus  menyosialisasikan program Jama-PAI hingga tingkat kelurahan dan RT RW.

“Tujuan utama dari Jama-PAI yaitu mewujudkan Generasi Emas Indonesia Cemerlang. Karena itu, seluruh instansi terkait haru gencar menyosialisasikan program ini ke pada masyarakat melalui kecamatan, kelurahan, hingga para ketua RT dan RW," kata Wahdi.

Selaian itu, lanjut dia, program Jama-PAI juga selaras dengan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang dari level kabupaten/kota hingga pemerintah pusat. Termasuk untuk mengejar target SDGs tahun 2030 dari sisi sektor pembangunan kesehatan dan pembangunan sumber daya manusia. (**)

Laporan: pie/ rio

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com