Gubernur Salurkan Bantuan untuk UMKM dari Baznas

Tanggal 12 Jan 2022 - Laporan Agung DW - 453 Views
Gubernur Arinal Djunaidi saat menyerahkan bantuan kepada UMKM.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung untuk pelaku UMKM.

Penyerahan bantuan secara simbolis itu berlangsung di Rumah Dinas Gubernur, Mahan Agung, Rabu (12-1-2022).

Gubernur menekankan agar uang yang telah dikumpukan dari para muzakki dapat disalurkan kepada orang-orang yang tepat dan jangan disalahgunakan. 

Selain itu, terkait rencana Program Kampung/Desa Baznas Lampung, Arinal meminta untuk segera dibuat paparan dan konsepnya. 

"Segera dikoordinasikan dengan Baznas Kabupaten/Kota, Desa Baznas mau seperti apa, apakah desa ternak, pertanian atau seperti apa, harus ada konsepnya, biar kita juga bisa membantu," kata Arinal.

Gubernur berharap, dengan adanya Desa Baznas dapat bermanfaat bagi kepentingan umat dan juga meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Apalagi jika dikolaborasikan dengan Kartu Petani Berjaya, tentu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung," tutupnya. 

Sementara, Plt Ketua Baznas Lampung Abdurrahman Harun menerangkan, bantuan yang diserahkan adalah Program Bantuan Baznas Tahun 2021 yang baru sempat disampaikan pada hari ini. 

Adapun bantuan yang diberikan berupa dana usaha sebesar Rp2juta bagi 100 pengusaha kecil atau UMKM di Lampung yang telah diseleksi oleh Baznas. 

Harun mengatakan, pada tahun 2020 telah terkumpul dana sebesar Rp1,4 miliar dari para muzakki dan telah disalurkan kepada nelayan berupa bantuan 1 ton beras. 

Lalu untuk beasiswa bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di 3 Perguruan Tinggi, Unila, UIN Lampung dan UBL. 

Kemudian pada tahun 2021 dana dari para muzakki sebanyak Rp1,7 miliar dan telah didistribusikan untuk alat kesehatan, paket sembako, tahfiz Al-Quran, UMKM serta untuk para mustahik yang membutuhkan. (**) 

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com