Dinkes Pesawaran Catat 221 Kasus DBD, Dua Meninggal Selama 2021

Tanggal 13 Jan 2022 - Laporan Rifat Arif - 628 Views
Ilustrasi. Waspada penularan DBD.

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran mencatat sebanyak 221 warga yang terjangkit demam berdarah dengue atau DBD sepanjang 2021, dua diantaranya meninggal dunia, Kamis (13-1-2022).

Kepala Dinkes (Kadiskes) Kabupaten Pesawaran, Media Apriliana mengatakan kasus terbanyak yakni 107 di Kecamatan Gedongtataan dan terendah tiga kasus di Tegineneng. Sementara di Kecamatan Punduhpidada tanpa ada kasus penularan DBD. 

Menurut dia awal Januari 2022 tecatat sebanyak 30 kasus yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti itu. Jumlah tersebut, kata kadiskes, mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya pada bulan yang sama, hanya 13 kasus.

"Sejauh ini sudah kita lakukan upaya pencegahan dalam bentuk imbauan kapada masyarakat melalui 14 puskesmas yang tersebar di sebelas kecamatan," katanya.

Selain penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat, Dinkes Pesawaran juga mengaktifkan tim juru pemantau jentik (Jumantik) hingga ke desa-desa yang bertugas memantau dan mengawasi tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk dan tempat berkembang biak jentik.

"Fogging atau pengasapan masih kita lakukan di lokasi yang terdapat warga yang terjangkit DBD, juga kita salurkan obat-obatan pencegah jentik nyamuk seperti bubuk Abate," kata mantan direktur RSUD Lampung Selatan itu.

Apriliana mengingatkan, pentingnya masyarakat menggalakan program tiga M: menguras secara rutin bak mandi, menutup penampungan air rumah tangga, serta mengubur barang bekas guna mencegah genangan air dan menjadi sarang jentik nyamuk.(**)

Baca Juga: Kapoda Lampung Resmikan Gedung Polres Tubaba

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com