Gubernur Minta PWI Dukung KPB

Tanggal 17 Feb 2022 - Laporan Agung DW - 492 Views
Gubernur Arinal Djunaidi bersama jajaran pengurus PWI Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi meminta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung untuk mendukung Kartu Petani Berjaya (KPB).

Menurut gubernur, dukungan tersebut dengan cara terus menyosialisasikan kepada para petani agat bisa teregistrasi ke dalam KPB.

"Saya minta tolong sama kalian (PWI) untuk ikut memperdalam kartu petani berjaya. Jangan berhenti untuk melakukan penggalakan," kata Arinal saat menerima penghargaan Inisiator Olahraga di Mahan Agung, Kamis (17-2-2022) malam.

Gubernur menilai, KPB satu-satunya solusi untuk menyejahterakan petani di Provinsi Lampung. Apalagi, mayoritas masyarakat Lampung bekerja di sektor pertanian.

Arinal menyebutkan, dengan KPB, petani bisa mendapatkan pupuk subsidi, benih tepat waktu, bantuan permodalan hingga beasiswa bagi anak-anaknya.

"KPB inilah yang bisa menolong petani dan pemerintah. Apalagi penyaluran perbankan itu bersifat pasif. Melalui KPB pemerintah menjamin bantuan permodalan untuk petani melalui KUR," jelasnya.

Meski demikian, gubernur berharap, para petani yang mendapatkan bantuan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) tidak hanya digunakan untuk penanaman dan perawatan saja.

Tetapi, diharapkan para petani bisa membuka usaha lain dengan bantuan KUR tersebut. 

"Saya ingin petani yg sudah ada, yang didukung KUR untuk jangan hanya untuk usaha pokoknya. Tapi dia usaha lain di luar usaha pokok. Sehingga dalam satu tahun bisa naik pendapatannya," sebutnya.

Gubernur mencontohkan, petani kopi di Kabupaten Tanggamus yang menanam bersama dengan lada. Sehingga, ketika panen, para petani tidak hanya mendapatkan pendapatan yang berlipat.

Untuk itu, Arinal kembali mengatakan, adanya keterlibatan PWI Lampung dalam mendukung dan menyosialisasikan KPB. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


Tunggulpawenang Bangun Jalan Rabat Beton Guna ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Tunggulpawenang, Kecamata ...


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com