Penanganan Masalah Sampah, Parosil Berharap Kolaborasi Seluruh Elemen

Tanggal 21 Feb 2022 - Laporan Sulemy - 485 Views
Bupati Lambar Parosil Mabsus memantau gotong royong memberishkan sampah dalam rangka peringatan HPSN

MOMENTUM, Batubrak--Masalah sampah, bukan semata tanggung jawab pemerintah. Perlu peran aktif semua pihak, termasuk masyarakat untuk mengatasi permasalah klasik tersebut.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus saat kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Kegiatan dalam bentuk gotong royong membersihkan sampah itu berlangsung di kawasan perbatasan Pekon/Desa Canggu dan Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, Senin (21-2-2022).Bupati mengatakan, perlu kolaborasi nyata dari berbagai eleman untuk lebih mengoptimalkan dan mengefektifkan upauya penanganan sampah.

"Kita berharap dengan adanya kolaborasi seluruh elemen, pemerintah dan masyarakat, agar penanganan masalah sampah di Lampung Barat lebih optimal dan efektif," kata bupati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lambar Hendry Faisal mengatakan, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan penanganan sampah. Salah satunya dengan memperkuat koordinasi dan sinergi  dengan pihak kecamatan dan aparat pekon.

"Sebelumnya kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk kecamatan hingga pekon untuk lebih mengefektifkan penanganan sampah ini," kata Hendry.

Menurut dia, aparatur pekon dapat mengalokasikan anggaran penanganan sampah dari dana desa. 

"Kita mendorong agar para peratin (kepala desa) bisa menganggarkan dari dana desa untuk mengatasi permasalahan sampah," tegasnya.

Dia juga meminta aparat pekon dan kecamatan lebih aktif melakukan upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita jsudah ada Peraturan Daerah Nomor: 4 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah. Perda ini harus lebih gencar disosialisasikan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan," pintanya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


Polres Pringsewu Bantu Cegah DBD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Upaya pencegahan dan penanggulanan penyakit ...


Warga Podomoro Berharap Revitalisasi Bendunga ...

MOMENTUM, Pringsewu--Para petani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com