Mendag Siap Pasok CPO untuk Kebutuhan Minyak Goreng Lampung

Tanggal 24 Feb 2022 - Laporan Agung DW - 573 Views
Menteri Perdagangan RI dan Gubernur Arinal Djunaidi memberikan keterangan pers

MOMENTUM, Bandarlampung--Menteri Perdagangan (Mendag) RI Muhammad Lutfi siap menyuplai CPO (minyak nabati) untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng di Provinsi Lampung setiap bulannya.

Lutfi mengatakan, kebutuhan minyak goreng di Provinsi Lampung sekitar 600 ribu liter perhari atau 18 juta liter perbulannya.

"Kita akan memasok Lampung, kebutuhanmya sekitar 18 juta liter perbulan. Ini akan dikontrakkan langsung dengan CPO harga subsidi Rp9.300 perkilogram," kata Mendag usai rapat koordinasi di Mahan Agung, Kamis (24-2-2022).

Dia menjelaskan, ada tiga perusahaan minyak goreng di Lampung: CV Sinar Laut, PT Domus Jaya, PT Tunas Baru Lampung (TBL).

Sehingga, Lutfi berharap, minyak goreng di Lampung bisa kembali normal, paling lambat akhir pekan mendatang. "Jadi masalah minyak goreng bisa selesai hari minggu dengan adanya kontrak baru. Mudah -mudahan menjelang normal sampai akhir minggu depan," sebutnya.

Menanggapi itu, Gubernur Arinal Djunaidi sangat mengapresiasi langkah Menteri Perdagangan dalam mengatasi masalah di Provinsi Lampung.

"Alhamdulillah kunjungan beliau sudah memberikan solusi terkait kebutuhan minyak goreng yang diperlukan masyarakat," kata Arinal.

Gubernur berharap permasalahan minyak goreng tersebut akan kembali normal pada Maret mendatang. "Mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi, situasi ini bisa selesai," ujarnya.

Karena itu, Arinal meminta masyarakat Lampung tidak lagi panik dengan masalah minyak goreng. Sebab, Mendag telah memberikan solusi.

"Saya juga minta masyarakat tidak gelisah. Karena kebutuhannya sudah disampaikan Dinas Perdagangan kabupaten/kota," tuturnya.

Meski demikian, gubernur menegaskan, agar pasokan yang dikirimkan Kementerian Perdagangan tidak dijual kembali ke luar daerah.

"Jangan sampai yang diberikan ke luar ke provinsi lain. Kepala daerah serta dinas terkait juga perlu mengawasi, jangan sampai disalahgunakan," tegasnya. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Pemprov Gelar Halal Bihalal Bersama Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Angka Stunting di Tiga Kabupaten Masih Tinggi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Angka stunting di tiga kabupaten masih c ...


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com