Luncuran Bank Sampah, Pemkot Metro akan OTT Pelaku Buang Sampah Sembarangan

Tanggal 25 Feb 2022 - Laporan Opie/rio - 692 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin meluncurkan program Bank Sampah Induk Nusa

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro bersama Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat meluncurkan program Bank Sampah Induk Nusa atau Nuwo Sampah. Acara berlangsung di aula kantor sekretariat  TP-PKK  setempat, Jumat (25-2-2022). 

Peluncuran program tersebut, bagian dari kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Walikota Metro Wahdi Sirajuddin berharap melalui program Bank Sampah Induk Nusa dapat semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Semoga dengan adanya program Bank Sampah ini dapat lebih mengefektifkan upaya penanganan sampah. Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," harapnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro  Irianto Marhasan. Menurut dia, nantinya pengelolaan bank sampah akan dilakukan di seluruh kelurahan. 

"Untuk di kelurahan pengelolaanya dilakukan oleh unit Bank Sampah. Sedangkan induknya ada di Sekretariat TP PKK. Jadi nantinya akan ada  23 Bank Sampah di seluruh Kota Metro," terangnya.

"Melalui bank sampah akan dilakukan sortir jenis sampah yang bisa kembali dimanfaatkan, seperti untuk pupuk kompos dan sebagainya. Kemudian yang tidak bisa lagi dimanfaatkan diangkut menuju tempat pembuangan sampah. Sehingga bisa mengurangi volume sampah di tempat pembuangan akhir," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga kan rutin melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pelaku buang sampah sembarangan.

"Kita akan bergerak dengan anak-anak muda, jadi bukan hanya dinas lingkungan hidup dan Pol-PP saja, kita ajak anak muda dan media juga, untuk mengefektifkan  OTT buang sampah sembarangan," terangnya.

Ketua TP PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi mengatakan, selain peluncuran program Bank Sampah, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional juga diisi dengan kegiatan  bersih-bersih lingkungan.

"Untuk kegiatan bersih-bersih lingkungan, kita melibatkan seluruh instansi pemerintah dan swasta juga sejumlah komunitas serta pelajar," kata Silfia.(**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


Gubernur Segera Memasuki AMJ, DPRD Sebut Belu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bakal m ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com