Marak Penipuan Jual Nama Pejabat, Kapolres Minta Masyarakat Waspada

Tanggal 04 Mar 2022 - Laporan Joko Sulistyo/Rls. - 502 Views
Ilustrais. Ist.

MOMENTUM, Pringsewu -- Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap modus penipuan dengan mengatasnamakan seseorang atau pejabat yang meminta sejumlah uang.

Bahkan hal ini mulai marak terjadi di  Pringsewu, apalagi para oknum tak bertanggung jawab itu mencatut nama pejabat polisi.

"Modusnya, pelaku akan menghubungi calon korban dengan mengatasnamakan seseorang atau pejabat dan meminta dikirimkan uang dengan alasan terkait pekerjaan,” jelas Kapolres melalui rilis humasnya, Jumat (4/2/2022).

Salah satu contoh kasus penipuan yang saat ini marak terjadi tersebut mencatut nama penjabat polisi yakni Kasat Res Narkoba AKP Khairul Yassin Ariga dan Kasat Reskrim Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata.

Nama pejabat Polres Pringsewu dan No Ponsel yang dapat dihubungi.

Sementara itu, sasaran penipuan mulai dari aparat kepala pekon (kades), APDESI, hingga hingga pengusaha.

Untuk itu Kapolres AKBP  Rio Cahyowidi mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap modus penipuan mengatasnamakan seseorang atau pejabat yang meminta sejumlah uang.

“Saya imbau agar masyarakat jangan mudah percaya dengan segala bentuk penipuan dengan modus meminta untuk mengirimkan sejumlah uang yang mengatasnamakan Kapolres atau pejabat Polri lainnya. Sebelum memberi, sebaiknya di konfirmasi terlebih dahulu kepada orang yang bersangkutan,”ucapnya.

Dia menegaskan, jika dari Kepolisian Polres Pringsewu tidak pernah menelepon ataupun SMS untuk meminta sejumlah uang dan bantuan.

 “Namun apabila ada masyarakat yang mendapatkan telepon dan mengatasnamakan pejabat Polri agar melakukan cross check (pengecekan ulang) terhadap pejabat yang telah dijadikan referensi, guna klarifikasi atas kebenaran permintaan tersebut,” katanya.

Disarankan, tidak menanggapi permintaan seperti itu. Supaya masyarakat Pringsewu bisa terhindar dari korban penipuan.

"Lebih baik jangan ditanggapi, dan kalaupun ada kasus seperti itu harap segera laporkan ke polisi," tegas Kapolres Pringsewu. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


KDRT, Oknum Polisi di Tanggamus Dilaporkan ke ...

MOMENTUM, Kotaagung--SA (27) istri sah dari seorang oknum anggota ...


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


Sopir Truk Dianiaya Bang Jago Jalan Raya Buyu ...

MOMENTUM, Gunungsugih - Suhadi, sopir truk asal Waringinsari Timu ...


Penemuan Mayat Bayi, Pelakunya Masih Status P ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Polres Lampung Tengah menetapkan NN (17) ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com