Dinas Pertanian Pringsewu Gelar Mimbar Sarasehan Tingkat Kabupaten

Tanggal 09 Mar 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 456 Views
Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu gelar mimbar sarasehan tingkat Kabupaten Pringsewu.

MOMENTUM, Gadingrejo -- Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu menggelar mimbar sarasehan tingkat kabupaten tentang program penyuluhan pertanian, Rabu-Kamis (9-10/3/2022).

Kegiatan berlangsung di Hotel Regency Gadingrejo. Diikuti 60 peserta yang mewakili gabungan kelompok tani (gapoktan), Kotak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan dinas instansi terkait.

Kegiatan itu bertujuan Agenda dengan mengkat tema, pembangunan pertanian berbasis 4.0 untuk mewujudkan petani milenial menuju swasembada pangan yang modern dan berkelanjutan itu merupakan  program dari  penyuluhan pertanian dan pelaksanaan penyuluh pertanian setempat.

Asisten II Bidang Ekobang Pemkab Pringsewu, Masykur Hasan mewakil bupati, saat membuka kegiatan mengatakan mimbar sarasehan merupakan forum konsultasi para wakil petani beserta keluarga, KTNA dengan pemerintah setempat.

Kegiatan yang diselenggarakan secara periodik,  itu dinilai positif guna membicarakan dan  mencapai kesepakatan tentang pelaksanaan program pemerintah dan kegiatan petani, nelayan.

Masykur berharap kepada para peserta mengikuti kegiatan itu dengan seksama dan menelaah materi yang disampaikan narasumber. "Saya juga berharap nantinya ilmu yang diperoleh dapat disebarkan ke masyarakat luas," harapnya.

Sementara Kadis Pertanian Pringsewu Siti Litawati, didampingi Kabid penyuluhan Joko Prabowo, menjelaskan, kegiatan itu terkait dengan sistem program dan penyuluhan pertanian serta kelembagaan petani.

Menurutnya, sebelum melaksanakan mimbar sarasehan tingkat kabupaten, Dinas Pertanian sudah melaksanakan kegiatan serupa tingkat kecamatan pada 10 - 17 Februari 2022.

Berbagai persoalan maupun prioritas pembangunan pertanian yang diperoleh di tingkat kecamatan, dibawa ke tingkat kabupaten.

Sehingga diharapkan ada sikronasi data SIPD (sistem informasi pembangunan daerah) dari mulai rembuk tani, mimbar sarahsehan tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten, katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Kunjungan Kerja Proyek Food Systems, Land Use ...

MOMENTUM, Semarang--Tim Deputy National Project Director Folur me ...


Maret 2024, BI: Indeks Keyakinan Konsumen Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Keyakinan masyarakat Lampung terhadap ki ...


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com