Orari Pringsewu Pelatihan Keterampilan Penanggulangan Bencana

Tanggal 11 Mar 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 693 Views
Orari Pringsewu akan menggelar Pelatihan Core.

MOMENTUM, Pringsewu -- Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Daerah Lampung - Lokal Pringsewu akan mengadakan pelatihan Communication and Rescue (Core).

Kegiatan yang akan digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (12-13/3/2022) dipusatkan di Bumi Perkemahan Pramuka Bukit Pangonan, Pringsewu.

Ketua Core Orari Pringsewu Andreas Andoyo mengatakan pelatihan Core berujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya penanggulangan bencana dan situasi kedaruratan.

Sekaligus untuk lebih memberikan arahan kepada anggota Orari agar lebih tanggap terhadap situasi di lingkungan masyarakat. "Kegiatan Core merupakan bentuk pengabdian Orari kepada masyarakat dan bentuk kepedulian dalam menghadapi situasi kebencanaan dan kedaruratan, yang merupakan wujud dari pengamalan kode etik Amatir Radio,"jelas Andoyo, Jumat (11/3/2022).

Dia memaparkan untuk para peserta pelatihan berasal dari anggota Orari ditambah dari RAPI, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Pramuka, PMI, KSR, Indonesian Escorting Ambulance, serta peserta dari Kabupaten Pesawaran dan Tanggamus.

Andoyo menambahkan, Core Orari merupakan program kegiatan yang dikembangkan sebagai bentuk kepedulian Orari dalam menghadapi situasi kebencanaan maupun kedaruratan lainnya.

Terlebih, Orari juga memiliki fungsi sebagai cadangan nasional di bidang komunikasi radio, serta sarana dukungan komunikasi radio dalam usaha-usaha yang bersifat kemanusiaan.

Andoyo berharap melalui pelatihan Core semoga dapat mengembangkan rasa kesetiakawanan sosial. Serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait upaya penanggulangan bencana serta situasi darurat. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com