Disdikbud Pantau Pelaksanaan Ujian Tengah Semester di Sejumlah Sekolah

Tanggal 15 Mar 2022 - Laporan Rifat Arif. - 368 Views
Pelaksanaan ujian penilaian tengah semester di sekolah yang ada di Kecamatan Gedongatataan

MOMENTUM, Gedongtataan -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran memantau pelaksanaan ujian penilaian tengah semester (PTS) secara tatap muka di sejumlah SD dan SMP.

Kadisdikbud Kabupaten Pesawaran, Anca Martha Utama mengatakan, kegiatan PTS secara tetap muka itu merupakan yang pertama setelah dua tahun terakhir dilakukan secara online.

"PTS ini juga kita ingin melihat kemampuan anak dalam mengerjakan soal-soal yang dibagi, karena kita ketahui selama dua tahun ini para siswa-siswi kita belajar secara daring saja," katanya, Selasa (15-3-2022).

Menurut Anca, ujian itu sebagai alat ukur kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang sebelumnya telah berlangsung selama tiga bulan.

"Maka dari itu, dengan adanya PTS ini diharapkan kita mampu melihat kemampuan anak dalam menangkap pembelajaran, yang selama ini disampaikan oleh para dewan guru secara online," ujar dia.

Dia menyebut, jika dalam ujian itu didapati kemampuan para anak murid di bawah rata-rata, pihaknya akan melakukan evaluasi dalam mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya.

"Kegiatan ini kan bertujuan untuk melihat kemampuan anak didik kita, jangan sampai dengan pandemi yang melanda kemudian sistem pembelajaran dilakukan secara online, membuat kemampuan anak kita menurun," kata dia.

Selain memantau pelaksanaan kegiatan, Disdikbud setempat juga ingin memastikan protokol kesehatan (Prokes) berjalan secara ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pelaksanaannya kita bagi beberapa sesi, dengan tujuan agar tidak terjadinya penumpukan anak murid dalam satu kelas itu, dalam peraturannyakan sudah dijelaskan dalam satu kelas itu hanya 50 persen dari daya tampung ruang kelas," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com