Pemkab Lambar dan Unpad Matangkan Rencana Pembangunan Geopark Suoh

Tanggal 15 Mar 2022 - Laporan Sulemy - 523 Views
Bupati Lambar Parosil Mabsus bersama Tim Ahli FTG Unpad membahas rencana pembangunan Geopark Suoh

MOMENTUM, Liwa--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus berupaya memaksimalkan pengembangan potensi panas bumi di Kecamatan Suoh, untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat.

Terkait hal tersebut, Pemkab Lambar berkerjasama dengan Fakultas Teknik Geologi (FTG) Universitas Padjadjaran (Unpad) berencana membangun Taman Geologi atau Geopark di kawasan kaldera Suoh.

Rencana tersebut terungkap dalam audensi Tim Ahli FTG Unpad dengan Bupati Lambar Parosil Mabsus, Selasa (15-3-2022).

Koordinator Tim FTG Unpad Dr.Dicky Muslim mengatakan, audensi tersebut sebagai tindak lanjut pemaparan dan kajian yang sebelumnya telah dilakukan tim Unpad untuk pengembangan kawasan Geopark Suoh.

"Pembangunan Geopark Suoh ini akan berdampak pada peningkatan pengembangan potensi wisata Kabupaten Lampung Barat. Selain itu juga sebagai pusat edukasi keragaman geologi dan hayati," kata  Dr.Dicky.

Dia menargetkan, pelucuran pembangunan Geopark Suoh bisa terlaksan tahun  ini. "Semoga pembangunan Geopark Suoh bisa kita lounching tahun 2022 ini," harapnya. 

Bupati Lambar Parosil Mabsus menyambut baik rencana tersebut. Meski demikian, dia meminta sebelum pembangunan kawasan geoprak tersebut dimulai, lebih dulu dilakukan kajian kembali dengan melibatkan tiga kabupaten tetangga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lambar: 

"Sebelum launching geopark ini, kita harus duduk bareng, melakukan kajian ulang melibatkan kabupaten tetangga: Tanggamus, Pesisir Barat dan Kabupaten Lampung Utara dan difasilitasi Pemerintah Provinsi Lampung. Ini agar pembangunanya benar-benar bisa berjalan optimal dan efektif," kata bupati. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com