Warga Apresiasi Program Home Care Pemkot Metro

Tanggal 18 Mar 2022 - Laporan Adipati Opie/Rio. - 565 Views
Ketua PKK Metro, Silvia Naharani Wahdi meninjau pelayanan kesehatan home care di Puskesmas Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur.

MOMENTUM, Metro--Program home care (rumah peduli) yang dicanangkan Pemkot Metro mendapat apresiasi warga.

Home care yang dipusatkan di puskesmas-puskesmas dinilai mempermudah warga mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Warga Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Umi Indri yang mengapresiasi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Metro tersebut, menilai pemkot memperhatikan kesehatan warganya.

"Saya tadi berkunjung ke Puskesmas Iringmulyo ketemu sama Ibu Silvi. Disana beliau meminta agar pelayanan kepada masyarakat bisa ditingkatkan. Kemudian program home care bisa berjalan dengan maksimal," kata dia, Kamis (17/3/2022).

Dia mengaku terbantu adanya program homecare ini. Ia menceritakan saat terpapar Covid-19, perawat dari puskesmas siaga merawat dirinya.

"Walikota memberikan perhatian khusus kepada kesehatan warga di era pandemi ini. Saya sangat terbantu program home care ini saat terpapar Covid-19," terangnya.

Sementara, Ketua PKK Metro, Silvia Naharani Wahdi menjelaskan, melalui program home care ini para kader posyandu akan mengunjungi masyarakat yang sakit untuk melakukan pemeriksaan dan memutuskan apakah perlu dirujuk ke rumah sakit atau cukup dirawat di rumah.

"Ini program home care kita. Masyarakat yang sakit menghubungi pelayanan kesehatan terdekat. Nanti para kader dan perawat yang akan turun untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan ini nanti mereka yang memutuskan apakah perlu dirujuk ke rumah sakit atau hanya dirawat di rumah saja," jelasnya.

Dia menambahkan, program home care ini bukan hanya untuk masyarakat yang sakit. Tetapi juga untuk ibu hamil yang ada di Bumi Sai Wawai guna memastikan kondisi kesehatan ibu hamil dan memberikan edukasi agar mereka tidak hanya menjaga kesehatan sendiri, tetapi juga bayinya.

"Setiap ibu hamil memiliki kontak person tenaga kesehatan minimal bidan terdekat untuk membantu memeriksa kesehatan mereka. Ketika ibu belum bisa datang ke pelayanan kesehatan, mereka bisa komunikasi dengan nakes melalui Program Jamapai ini," tambahnya.(**)



Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com