Pondok Lansia Gimbar Alam di Pringsewu Diresmikan

Tanggal 21 Mar 2022 - Laporan - 425 Views
Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal Djunaidi meresmikan Pondok Lansia Kesejahteraan Sosial (LKS) Gimbar Alam Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu -- Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal Djunaidi meresmikan Pondok Lansia Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Gimbar Alam Pringsewu, Senin (21-3-2022). Peresmian ditandai  prosesi pemotongan pita pada pintu masuk pondok tersebut. 

Pondok Lansia LKS Gimbar Alam berlokasi di komplek Perumahan Podomoro Indah Pekon Podosari Pringsewu. Lahan dan bangunan pondok merupakan hibah H. Marconi Semendawai.

Peresmian pondok lansia ditandai dengan pemotongan pita di pintu masuk pondok. Serta penyerahan sertifikat hibah kepada Ketua LKKS Kabupaten Pringsewu. Disaksikan Ketua LKKS Provinsi Lampung.

Kesempatan itu Ketua LKKS Lampung Riana Sari mengapresiasi keberadaan Pondok Lansia Gimbar Alam yang di kelola LKS Kabupaten Pringsewu diketuai Nurrohmah Sujadi.

Menurut Riana, keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan dan kualitas hidup yang semakin baik, membuat umur harapan hidup masyarakat semakin tinggi.

“Penduduk dengan umur lebih dari 60 tahun atau biasa disebut lansia juga semakin banyak. Dari 9 juta lebih penduduk di Provinsi Lampung, 9,57 persen adalah penduduk lansia,”jelasnya.

Menurutnya, dengan kondisi tersebut, merupakan tantangan bagi semua untuk menjadikan penduduk lanjut usia agar tetap sehat, mandiri, aktif produktif, dan bermartabat.

Riana berharap keberadaan Pondok Lansia Gimbar Alam Pringsewu dapat membantu para lansia dalam hal pendampingan, edukasi dan informasi tentang kesehatan, keagamaan, juga memberikan keterampilan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang telah mendirikan Pondok Lansia Gimbar Alam, sebagai salah satu upaya memperluas layanan sosial bagi lanjut usia,” ucapnya.

Dia juga berharap agar hal semacam ini dapat diterapkan di kabupaten lainnya di Provinsi Lampung. “Saya mengapresiasi kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Pringsewu yang juga Ketua LKS Kabupaten Pringsewu yang telah menginisiasi terbentuknya LKS Pondok Lansia Gimbar Alam. Semoga dapat memotivasi kabupaten lain untuk memperhatikan para lansia,”ujarnya.

Sementara Bupati Pringsewu, Sujadi, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Marconi Samendawi dan keluarga yang telah menghibahkan tanah, bangunan dan isinya untuk digunakan sebagai Pondok Lansia Gimbar Alam.

Dia mengungkapkan bahwa usia harapan hidup di Kabupaten Pringsewu saat ini mencapai 70,28 persen.

Kesempatan itu juga dilakukan penyerahan tali asih dari Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung Riana Sari Arinal kepada Ketua LKS Pondok Lansia Gimbar Alam, penyerahan bantuan kepada perwakilan lansia serta koordinator pendamping kecamatan. (*)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com