Musrenbang, Lambar Siapkan Sejumlah Layanan Gratis bagi Masyarakat

Tanggal 23 Mar 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 558 Views
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus.

MOMENTUM, Liwa -- Besok, Kamis (24-2022), Pemkab Lampung Barat (Lambar) akan melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kabupaten.

Kegiatan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas Kecamatan Balikbukit.

Sejumlah program akan digelar Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dalam musrenbang. Seperti pelayanan perizinan dan pelayanan adminstrasi kependudukan (adminduk).

Pelayanan perizinan meliputi pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), pembuatan surat izin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pembuatan surat izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker).

Kemudian pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan vaksinasi covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.

Sementara untuk pelayanan adminduk, ini sendiri meliputi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), penerbitan Kartu Keluarga (KK), penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), penerbitan akta kelahiran, akta kematian dan akta perkawinan.

Tidak hanya pelayanan gratis, pelaksanan musrenbang kabupaten ini juga digelar pameran produk unggulan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Kelompok Wanita Tani (KWT), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan UMKM dari 15 kecamatan di Lambar.

Menurut Parosil, musrenbang kabupaten merupakan lanjutan dari musrenbang tingkat dusun, pekon (desa) dan kecamatan. Kegiatan ini untuk menjaring aspirasi masyarakat mengenai pembangunan.

Sebelumnya, berbagai pelayanan masyarakat juga disiapkan dalam musrenbang tingkat kecamatan pada 3 - 26 Februari 2022.

"Dalam musrenbang kabupaten, membicarakan pembangunan menggunakan skala prioritas yang kemudian akan dilanjutkan musrenbang tingkat provinsi kemudian tingkat nasional," ucap Parosil.

Dari sekian banyak pelayanan yang akan mendukung berjalannya musrenbang kabupaten, diberikan secara gratis. Tujuannya, mempermudah masyarakat.

Penyelenggaraan pelayanan gratis merupakan implementasi poin keenam dari tujuh program yang dicanangkan Pemkab Lambar di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu "Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik". (*).

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com