BPBD Pringsewu Lomba Ketangkasan Satgas dan Pemasangan Tenda Darurat

Tanggal 24 Mar 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 398 Views
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu gelar lomba pemasangan tenda darurat.

MOMENTUM, Pringsewu -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu menggelar lomba ketangkasan Satgas Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran serta lomba pemasangan tenda darurat.

Kepala BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas menjelaskan, kegiatan itu dalam rangka memperingati hari jadi ke-13 tahun Kabupaten Pringsewu sekaligus memperingati HUT ke-103 Damkar tahun 2022.

Lomba berlangsung di halaman kantor BPBD Pringsewu, Kamis (24-3-2022). Lomba pemasangan tenda darurat diikuti 10 kelompok. "Kami juga menyediakan hadiah bagi pemenang lomba lainnya," ucapnya.

Edi menambahkan, digelarnya perlombaan ketangkasan ini sebagai ajang kemandirian bagi para petugas BPBD dalam menangani suatu bencana yang terjadi di Pringsewu.

Selain sebagai ajang ketangkasan, kegiatan ini untuk menjalin tali silaturahmi antar anggota untuk selalu kompak dalam melaksanakan tugasnya dilapangan dalam menangi bencana alam atau kebakaran.

Dalam kegiatan ini para anggota ditentukan oleh sumber daya manusia yang memiliki kesiapan, keahlian, keterampilan dan wawasan profesionalisme,"imbuh Edi.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat membuka kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan tersebut, karena merupakan upaya preventif sekaligus dalam penanganan saat bencana maupun pasca bencana.

Peserta pelatihan, diharapkan enjadi lebih tahu dan mengerti serta memahami tentang cara evakuasi saat bencana itu terjadi."Dengan diadakannya kegiatan ini semoga saja anggota BPBD Kabupaten Pringsewu menjadi sumber daya manusia yang terlatih, tanggap dan tangkas apabila ada bencana terjadi dan serta tuntas dalam pelaksanaannya,"harapnya.

Wabup Fauzi menambahkan,  bencana alam adalah kejadian yang tidak di inginkan semua orang, tetapi perlu diwaspadai dan ditangani. Dan kewaspadaan diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh karenanya diperlukan kesiapan baik daruat penanganan gempa bumi kebencanaan maupun kebakaran. "Apabila hal tersebut mampu dipenuhi mudah-mudahan keselamatan dan keamanan secara menyeluruh dapat dikendalikan,"ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini, BPBD Pringsewu dapat memaknai dan turut peduli, serta bertanggung jawab- terhadap segala yang berkaitan dengan permasalahan
penanganan bencana yang terjadi di Pringsewu.

Fauzi berharap kepada para anggota BPBD Kabupaten Pringsewu agar dapat terus berkarya dan kreatif serta inovatif dalam menciptakan ide-ide baru dalam upaya penanganan bencana yang lebih preventif dan dapat dirasakan oleh masyarakat Pringsewu.

"Dan saya yakin Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kita dalam rangka membangun dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Pringsewu,"imbuhnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com