Sambangi Umko, Komisioner KPU Serahkan Buku Sengketa Pemilu

Tanggal 29 Mar 2022 - Laporan - 1072 Views
Penyerahan buku tentang penyelesaian sengketa pemilu 2019 di Universitas Muhammadiyah Kotabumi (Umko).

MOMENTUM, Kotabumi--Sambangi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (Umko), Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung M Tio Aliansyah menyerahkan buku Dinamika Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019.

Tio mengatakan, kunjungan itu untuk bersilaturahim sekaligus memberikan buku berjudul "Menjaga Integritas Pemilu, Dinamika KPU Mengelola Sengketa Pemilu 2019".

"Penyerahan buku ini diharapkan menjadi salah satu referensi bacaan terkait kepemiluan. Sebagai alumni, saya terpanggil untuk memberikan buku ke UMKO sehingga dapat mendukung pengayaan referensi mahasiswa khususnya mereka yang ada di fakultas hukum," ujarnya.

Buku itu, terang Tio, merupakan karangan atau hasil karya tulisan para Ketua Divisi Hukum yang ada di 34 provinsi se Indonesia. "Ini karya divisi hukum berdasarkan sengketa-sengketa pemilu yang tersadi pada pemilu 2019," terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Tio mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas dikeluarkannya izin pembukaan pasca sarjana (Magister Hukum) di UMKO. "Saya turut bangga atas dibukanya program Magister Hukum. Semoga UMKO dapat lebih maju lagi sebagai perguruan tinggi yang bermanfaat bagi masyarakat. Selamat dan sukses pokoknya," pungkas mantan Dosen STIH Lampung Utara itu.

Rektor Umko, Dr Sumarno MPd menyambut baik kunjungan anggota KPU Lampung berserta rombongan.

Dia mengatakan, dunia kampus memang harus menguatkan segala macam bentuk hubungan dengan berbagai stakeholder yang ada. "Terlebih lagi kurikulum saat ini menitik beratkan bahwa dunia kampus selain belajar teori-teori ilmu harus juga belajar secara empiris atau praktek," ujarnya.

Dia berharap kelak akan ada hubungan berkelanjutan. "Karena kurikulum saat ini mengharuskan mahasiswa untuk praktek atau magang di lembaga-lembaga luar kampus sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Bahkan jumlah SKS nya untuk kuliah lapangan mencapai 20 SKS," terang Sumarno.

Dia pun berharap hubungan dengan stakeholder semisal KPU bisa dituangkan dalam naskah kerjasama (MoU) karena tidak menutup kemungkinan nanti akan ada mahasiswa yang kuliah praktek di instansi terkait. "Kita berharap melalui kerjasama dengan berbagai instansi luar sebagai stakeholder bisa mempercepat kemajuan dan daya saing kampus sebagai institusi mencetak generasi-generasi handal, cakap dan cerdas untuk berkontribusi kemashlahatan bagi masyarakat dan daerah," pungkasnya.

Dalam kunjungannya, M Tio Aliansyah didampingi Komisioner KPU Lampung Utara Yansen Atik, Yudi Saputra, Mad Akhir dan Tedi Yunada.

Kedatangan komisioner tersebut disambut oleh Rektor UMKO, Dr. Sumarno, M.Pd, Wakil Rektor I, Dr. Didiek Mawardi, SH., MH, Wakil Rektor II, Dr. Irawan Suprapto, Dekan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS), Suwardi, SH., MH serta Dekan FKIP, Dr. Baidawi dan Dosen Senior Hukum sekaligus Ketua Prodi Magister Hukum, Dr. Selamet Haryadi, M.Hum.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Ketua KNPI Lampung Daftar Calwakot Lewat PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tokoh Pemuda yang juga Ketua KNPI Lampun ...


Banjir Dukungan, Ardito Wijaya Mantap Maju Pi ...

MOMENTUM, Karangendah--Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai K ...


Pekan Ini, Sidang Sengketa Pileg untuk Lampun ...

MOMENTUM, Bamdarlampung--Sidang sengketa untuk pemilihan legislat ...


Bawaslu Mesuji Jaring Panwaslu Kecamatan 2024 ...

MOMENTUM, Mesuji--Bawaslu Kabupaten Mesuji menjaring Panitia Peng ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com