SBI Buktikan Resiliensi Melalui Sinergi dan Inovasi Berkelanjutan

Tanggal 08 Apr 2022 - Laporan - 525 Views
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI/Perseroan) melaksanakan Rapat  Umum  Pemegang Saham Tahunan  (RUPST) 

MOMENTUM, Jakarta--PT  Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI/Perseroan) melaksanakan Rapat  Umum  Pemegang Saham Tahunan  (RUPST) di Aston Priority Simatupang, Jakarta, Jumat (8-4-2022).

Hasilnya, yakni menyetujui Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi   terkait Pertanggungjawaban Realisasi Penggunaan   Dana Hasil Penawaran Umum dengan Hak Memesan Efek terlebih Dahulu (HMETD) II tahun 2021 per 31 Desember 2021 dan pengesahan atas Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir padatanggal 31 Desember 2021.

Kemudian, menetapkan penggunaan Laba Bersih pada tahun buku yang berakhir pada tanggal 31Desember 2021. Ketiga, menunjuk   Akuntan   Publik   Bapak   Theodorus   Bambang   Dwi   K.   Andri     dari   Kantor Akuntan Publik (KAP) Imelda &  Rekan  (Deloitte Touche Tohmatsu) sebagai Auditor Independen Perseroan untuk melakukan audit atas pembukuan Perseroan untuk Tahun Buku 2022. Empat, menyetujui pelimpahan kewenangan   kepada Dewan Komisaris untuk menentukan tantiem tahun buku 2021 dan remunerasi (gaji, fasilitas dan  tunjangan) tahun buku 2022 untuk Direksi.

Kelima, menyetujui penetapan tantiem tahun   buku 2021 dan remunerasi (gaji/honorarium, fasilitas dan tunjangan) tahun buku 2022 untuk Dewan Komisaris. Tinjauan Kinerja Tahun 2021 Meski belum bisa dibilang pulih jika dibandingkan sebelum pandemi dan masih  dibayangi kondisi  market overcapacity serta kenaikan harga batu bara, SBI mampu mempertahankan kinerja positif sebagai berikut: ? Sinergi dengan SIG membantu SBI mencapai total volume penjualan semen dan teraksebesar 13,4 juta ton atau naik sebesar 12,4% jika dibandingkan tahun sebelumnya.Membaiknya volume penjualan juga dialami bisnis beton jadi sebesar 25,4 persen menjadi1,1 juta m3, dan agregat sebesar 48,7 persen menjadi 913 ribu ton.

? Pendapatan  tercapai Rp11,2 triliun atau naik  10,9 persen  dari   Rp10,1  triliun  pada   tahun2020.

? Beban   Pokok   Pendapatan   pada   tahun   2021   meningkat   17,3%   dibandingkan   tahun 2020, karena peningkatan produksi sejalan dengan kenaikan volume penjualan.? Peningkatan beban pokok pendapatan menyebabkan Laba Kotor tahun 2021 tercapaiRp2,8 triliun atau turun 4,3% dibandingkan Rp2,9 triliun pada tahun 2020.

? Sinergi   dengan   SIG   dan   berbagai   upaya   efisiensi   yang   dilakukan   oleh   Perseroan,membantu SBI menjaga kinerja positif dan mencatat peningkatan laba bersih menjadisebesar Rp721 miliar.

"Kinerja positif yang berhasil kami raih di tengah berbagai tantangan berat pada tahun 2021lalu, merupakan bukti ketahanan dan kemampuan beradaptasi dengan terus menggali potensi untuk menghadirkan dan mengembangkan solusi-solusi inovatif," ujar Lilik Unggul Raharjo, Direktur Utama.

Selain   berhasil   meningkatkan   pemanfaatan   bahan   bakar   alternatif   hingga   11,43 persen dibandingkan   tahun   2020   yang   mencapai   8,80 persen, SBI   juga   memperkenalkan   LocooCrete,solusi beton dengan material ramah lingkungan untuk  menurunkan tingkat emisi CO2 dalam beton hingga 30 persen.  Perseroan   juga berpartisipasi pada proyek-proyek strategis  antara  lainproyek PLTU Suralaya di Banten dan proyek Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung sepanjang 142,3 km yang dikerjakan oleh High Speed Railway Contractor Consortium.

Seperti halnyaproyek besar lainnya di sektor energi, pembangunan PLTU membutuhkan spesifikasi dan kualitas material yang tinggi   dengan pelayanan yang andal.

Berkat sinergi dengan SIG,Perseroan mampu menjawab tantangan tersebut melalui 3 jenis semen, yaitu tipe 1 (EzPro), tipe 2 (PwrPro), dan tipe 5 (DuPro+). Sedangkan Proyek Kereta Api Cepat yang direncanakanrampung akhir tahun 2022 ini, menggunakan agregat dari tambang Perseroan di Maloko, Jawa Barat, untuk pembuatan girder precast dengan spesifikasi teknis yang ketat dan konsisten.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


SBI Perkuat Fokus Efisiensi dan Inovasi Hadap ...

MOMENTUM, Jakarta--PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com