Pohon Tumbang, Gedung Kelas SDN 02 Bumiratu Rusak

Tanggal 09 Apr 2022 - Laporan Hamsah - 895 Views
Pohon tumbang timpa gedung sekolah dasar di Lampura.

MOMENTUM, Sungkai Selatan--Akibat hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang hingga menimpa gedung kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Bumi Ratu Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara.

Kepala Desa Bumiratu, Hiswan, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (09-04-2022) menjelaskan kronologis kejadian. Menurut dia, peristiwa itu terjadi pada Jumat, sekira pukul 17.30 WIB kemarin.

Atas kejadian tersebut, setidaknya dua ruang kelas mengalami kerusakan. Para warga didampingi aparatur desa setempat bahu-membahu membersihkan pecahan material serta memotong pohon jenis Albasia yang memang menurutnya sudah rapuh.

"Kejadiannya sudah mau magrib, dan tadi sudah kita bersihkan bersama warga sekitar. Kalau pohonnya itu sebenarnya sudah dipangkas sebelumnya, tapi mungkin karena sudah tua dan rapuh, pas hujan angin pohonnya roboh," terang Hiswan.

Sementara itu, Kepala SDN 02 Bumiratu, Eli Saputri, hingga saat ini belum memberikan respon terkait musibah yang menimpa sekolah tempatnya bertugas. Pesan yang dikirimkan pun seolah diacuhkannya.

Terpisah, Kepala Disdikbud Lampura, Mat Sholeh membenarkan peristiwa tersebut. Berdasarkan keterangan yang disampaikan olehnya, kerusakan pada bangunan gedung bukan dikarenakan struktur bangunan, melainkan pohon dekat gedung yang akarnya sudah membusuk. Dia menegaskan bahwa pihaknya telah menurunkan tim untuk terjun langsung kelokasi.

"Ya itu terjadi bukan karena struktur bangunannya, tapi tertimpa pohon yg akarnya tidak ketahuan sudah busuk sehingga menimpa bangunan sekolah. Saya sudah menurunkan tim untuk kejadian dimaksud," kata Kadis dalam percakapan pesan yang dikirim.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui secara detail jumlah kerugian yang timbul akibat peristiwa pohon tumbang.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sidang Lapangan, PTPN VII Buktikan Putusan PN ...

MOMENTUM, Waykanan -- Sengketa lahan milik PT Perkebunan Nusantar ...


Konfirmasi Soal Limbah Tapioka PT BW, Kendara ...

MOMENTUM, Tulang Bawang--Dedi, wartawan di Kabupaten Tulang Bawan ...


Nasdem Undang Putra Putri Terbaik Ikut Penjar ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Buka penjaringan bakal calon kepala daer ...


Satres Narkoba Lamteng Tangkap Bandar Sabu ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Bandar narkoba berhasil diringkus oleh ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com