Verifikasi Selesai, Pemkab Lampura Catat 194 Media Lolos SIKEPLU

Tanggal 11 Apr 2022 - Laporan Hamsah/rilis - 456 Views
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Utara Doni Ferwari Fahmi.

MOMENTUM, Kotabumi--Proses pemeriksaan dan verifikasi berkas administrasi perusahaan media dalam rangka pelaksanaan program kerjasama Momorandum of Understanding (MoU) melalui aplikasi Sistem Kerjasama Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (SIKEPLU) telah selasai.

Berdasarkan surat Nomor 800/90/PN/IV/2022 tentang Pengumuman Hasil Verifikasi Perusahaan Media Pada Aplikasi SIKEPLU, dari 368 perusahaan media yang mengajukan permohonan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Kominikasi dan Informatika dengan menggunakan aplikasi online SIKEPLU, 194 media dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan untuk menandatangani MoU dan fakta integritas.

Sedangkan sebanyak 174 media belum bisa melakukan MoU karena masih ada persyaratan yang harus dilengkapi. Meski demikian, bagi media yang belum memenuhi persyaratan tersebut diberikan kesempatan lagi untuk memperbaiki dan melengkapi berkas persyaratan hingga Hari Rabu, 13 April 2022 Pukul 00:00 WIB. Apabila dalam dua hari tidak bisa melengkapi berkas secara otomatis akan dinyatakan gugur. Artinya perusahaan tersebut secara legalitas tidak lengkap.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Utara Doni Ferwari Fahmi, S.E., M.M., melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Firmansyah, S.E., M.M., mengucapkan syukur alhamdulillah pelaksanaan proses kerjasama perusahaan media dengan Pemkab Lampung Utara melalui aplikasi SIKEPLU Tahun 2022 telah sampai di pengumuman akhir.

“Semua tahapan sudah kita selesaikan. Pendaftaran awal kita buka tanggal 1 hingga 7 Maret 2022. Namun karena masih banyak rekan-rekan media yang belum lengkap berkasnya, kita perpanjang pendaftaran hingga tanggal 11 Maret 2022 pukul 23:59 WIB,” katanya saat diwawancara di ruang kerjanya, Senin (11-4-2022).

Dijelaskannya, tim teknis aplikasi SIKEPLU dari Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan tim administrasi Diskominfo Lampung Utara telah melakukan verifikasi administrasi dan faktual dari 14 hingga 26 Maret 2022. Selanjutnya, 4--8 April 2022 dilakukan verifikasi ulang atas perbaikan berkas selama masa sanggah pada 29 Maret sampai 1 April 2022.

Hasilnya, setelah dilakukan perbaikan berkas oleh pihak media selama masa sanggah tersebut, jumlah media yang memenuhi persyaratan meliputi, 120 media online, 36 Surat Kabar Harian (SKH), 27 Surat Kabar Mingguan (SKM), serta 11 Media Televisi.

“Bagi yang dinyatakan lolos seleksi untuk dapat bekerjasama diminta masing-masing pimpinan perusahaan sesuai dengan yang mengajukan permohonan membawa materai Rp10.000, sebanyak dua lembar untuk penandatanganan MoU dan Fakta Integritas. Dan bagi pimpinan perusahaan yang berhalangan hadir, bisa dikuasakan kepada kepala bironya dengan membawa surat mandat dari pimpinan perusahaan untuk menandatangani MoU kerjasama tanpa diwakilkan. Silahkan rekan media membuka akunnya masing-masing serta menjaga kerahasiaannya,” jelasnya.

Meski demikian, Kabid Infokom juga mengakui bahwa dalam pelaksanaan proses kerjasama MoU Pemkab Lampung Utara dan Perusahaan Media tidak ada yang sempurna, karena kesempurna hanya milik Allah SWT. Khusus bagi media yang dinyatakan belum bisa bekerjasama, Insya Allah dan bila memungkinkan akan dibuka kembali pendaftaran SIKEPLU di bulan Juli atau Agustus 2022.

Karena itu, Kabid Infokom meminta agar dipersiapkan dan dilengkapi data administrasi serta legalitas perusahaannya. Terpenting juga, kedepannya tingkatkan kemampuan dan kapasitas diri dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawannya dan perusahaannya tersertifikasi Dewan Pers.

Hal ini mengingat sistem pada aplikasi SIKEPLU tentunya akan terus diperbaharui sesuai dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam hal kerjasama Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dengan Perusahaan Media Massa.

“Intinya jangan berkecil hati walau untuk saat ini belum bisa bekerjasama di bidang media. Dan bagi saudara-saudara saya yang berprofesi sebagai jurnalis, untuk tahun depan sistem pendaftaran mungkin akan lebih diperketat lagi dalam hal administrasi dan legalitas perusahaan. Jadi persiapkan semuanya dan saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya serta antusiasnya,” tandasnya. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com