Sujadi Minta Tiap Desa Ada Orangtua Asuh Stunting

Tanggal 13 Apr 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 405 Views
Bupati Sujadi melantik Tim Percepatan Penurunan Angka Stunting Kabupaten Pringsewu yang diketuai oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengadakan rembuk aksi percepatan penurunan angka stunting di aula pemkab setempat, Rabu (13-4-2022).

Rembuk dibuka Bupati Pringsewu Sujadi didampingi Wabup Fauzi. Kegiatan ini dilakukan secara offline maupun online.

Diikuti Kepala BKKBN Provinsi Lampung Rudy Budiman, Sekdakab Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah kabupaten, DPRD dan forkopimda, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Pringsewu Nurrohmah Sujadi dan Rita Irviani Fauzi beserta Ketua DWP Sri Prihatin Iswahyudi.

Juga hadir, Kabid Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung Eka Yuslita Dewi dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Oki Basuki dan para camat.

Sedang secara virtual, turut bergabung diantaranya Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Budiono Subambang.

Bupati Sujadi mengatakan, Pemkab Pringsewu berkomitmen untuk menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh pada anak akibat gizi buruk.

Ia juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas dukungan semua pihak dalam upaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Pringsewu.

Di sisa waktu 39 hari menjabat Bupati Pringsewu, Sujadi berkomitmen untuk menurunkan angka stunting dan meminta setiap desa ada orangtua asuh untuk mencegah stunting.

"Saya meminta agar di setiap pekon atau desa ada orang tua asuh stunting, dan bahkan saya juga siap untuk menjadi orang tua asuh. Kalau hal ini menjadi sebuah gerakan bersama, saya yakin target dapat tercapai di 2024 mendatang", ujarnya.

Sementara Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Budiono Subambang mengatakan Rembug Aksi Percepatan Penurunan Stunting merupakan langkah penting yang dilakukan pemerintah daerah.

"Hal ini untuk memastikan bahwa rencana kegiatan untuk mengintervensi pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting bisa dilakukan bersama-sama antara organisasi perangkat daerah dengan lembaga nonpemerintah dan lainnya,"kata Budiono.

Pada kesempatan itu juga Bupati Sujadi melantik Tim Percepatan Penurunan Angka Stunting Kabupaten Pringsewu yang diketuai oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi.

Juga, dilakukan penandatanganan komitmen bersama serta penyerahan CSR dari sejumlah instansi dan lembaga kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Serta pemberian bantuan bahan pangan dan suplemen kepada sejumlah warga, serta piagam penghargaan Pemkab Pringsewu kepada sejumlah lembaga, baik perbankan, kesehatan maupun kalangan dunia usaha yang selama ini telah mendukung dan berpartisipasi dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Pringsewu. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com