Ajang Indonesia Fashion Week, 7 Desiner Tampilkan Fashion Ciri Khas Lampung

Tanggal 15 Apr 2022 - Laporan Nurjanah. - 595 Views
Laila Alkhusna memberikan cindramata berupa batik tulis yang menggunakan pewarna alam dan sustainable produksi Batik Siger kepada Ketua DPP APPMI Poppy Dharsono.

MOMENTUM, Bandarlampung--Tujuh desainer Lampung yang tergabung di Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Lampung, sukses dalam mengikuti gelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2022 di JCC Senayan Jakarta, yang dibuka Rabu (13/4/2022).

Dalam gelaran tersebut tujuh desainer Lampung menampilkan karya terbaik masing-masing desainer.

Ida Giriz menampilkan busana dengan tema ‘Krakatau’,  Wiwid Jasmin dengan tema ‘Bawi Lamus’, dan Shiha Ali dengan tema ‘Pangeran Suri To-Lang-Po-Hwang’. Sementara Linda Ayu menampilkan busana dengan tema ‘Morning Tales of Lundaye’, Layla Ninda dengan tema ‘Kemilau Tanah Lado’, dan Layla Alkhusna tampil dengan tema ‘Blue Sky’, sedangkan Rita Anomsari busana bertemakan ‘Kepaksian Skala Berak’.


Ketua APPMI Lampung Ida Girz menerima potongan tumpeng dari Ketua DPP APPMI Poppy Dharsono.

Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Lampung, Ida Giriz mengatakan karya karya desiner Lampung sudah layak melantai di ajang pagelaran nasional bahkan internasional.

Ini dibuktikan karya karya dari Laila Alkhusna yang dikenal dengan Batik Siger nya sudah merambah penjualan ke luar negeri.

Dalam gelaran IFW ini, para desiner lebih menampilkan ciri khas Lampung. Sengaja mengusung keadatan budaya Lampung karena kita sekaligus mempromosikan kebudayaan lokal.

"Ternyata kebudayaan Lampung cukup menarik untuk ditampilkan dikarya karya desainer kita," katanya.

Ia berharap dengan gelaran ini desiner yang tergabung di APPMI Lampung, bisa lebih kreatif lagi menghasilkan karya karya unggulannya.

Diajang IFW para desiner menonjolkan keindahan tapis. Pemilihan warna

Keindahan Tapis memang secara konsisten hadir dalam karya-karya Rita Anomsari. Dengan kemampuan pemilihan warna dan garis-garis desain membuat paduan Tapis tampil menjadi busana Muslim yang indah.

Dalam gelaran pekan mode terbesar di Indonesia yang diadakan setiap tahun, sejak tahun 2011. Tahun ini digelar secara offline mengusung tema "Magnificent Borneo".

Sementara Presiden IFW 2022 Poppy Dharsono berharap ajang IFW 2022 bisa menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fashion Tanah Air untuk terus menciptakan karya-karya terbaiknya. Apalagi, hingga kini industri fashion masih belum sepenuhnya pulih.

Poppy  Dharsono juga mengharapkan designer lampung untuk mempertahankan dan lebih meng eklpor wastra Lampung . khususnya sulam usus yang sustainable.

Pembukaan IFW 2022, dimulai dengan opening ceremonial yang meriah dengan tarian nusantara persembahan Dinas Parekraf DKI Jakarta yang menggabungkan seluruh tarian dari berbagai daerah di Indonesia disuguhkan untuk menyambut para tamu undangan.


Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Adhika Permata, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, para duta besar beberapa negara sahabat dan perwakilan dari para sponsor serta media. (***)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Granat Metro Penyuluhan Pencegahan Narkoba ...

MOMENTUM, Metro--Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Me ...


Bupati Pesawaran Sebut Peringatan Harkitnas M ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Har ...


PTPN IV Regional V Salurkan Bantuan TJSL kepa ...

MOMENTUM, Pontianak -- Korban kebakaran 28 ruko di kawasan Pasar ...


Ketua PKK Lampung Hadiri Puncak Peringatan Ha ...

MOMENTUM, Surakarta -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com