Babinsa Kodim Tanggamus Belajar Jurnalistik

Tanggal 19 Apr 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 400 Views
Penasehat PWI Pringsewu, Andreas Andoyo, memberikan materi tentang jurnalisitik kepada para babinsa Kodim 0424/Tanggamus.

MOMENTUM, Pringsewu--Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dunia informasi, Kodim 0424/Tanggamus membekali para bintara pembina desa (babinsa) mempelajari dasar-dasar jurnalistik.

Pelatihan sehari itu berlangsung di Aula STMIK Pringsewu, Selasa (19-4-2022), dibuka Wakil Bupati Pringsewu Fauzi. Menghadirkan pemateri Andreas Andoyo penasehat PWI Pringsewu sekaligus panitia pelaksana kegiatan.

Para peserta babinsa itu selain mendapatkan materi tentang Etika Jurnalistik juga UU No. 40/1999 tentang Pers. "Kami juga memberi materi  teknik dasar  penulisan berita,  teknik reportase dan bagaimana menggali bahan berita. Juga  teknik pengambilan photo jurnalistik yang benar dan berlanjut pada praktek IT," jelas Andoyo.

Menurutnya, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kodim 0424/Tanggamus dan STMIK Pringsewu, dengan tema 'Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Sebagai Bahan Publikasi Kegiatan TNI Lintas Sektoral Bersama Komponen Masyarakat Dalam Membangun Desa'.

Andoyo berharap, nantinya para babinsa bisa menulis berita kegiatan dan momen lainnya  di Koramil masing-masing. "Hasilnya bisa di-share di akun Kodim sendiri atau materinya bisa direlies ke media massa lain, sehingga masyarakat lebih mengenal dan mengetahui kiprah TNI di wilayah.

"Syukur bisa menggali  secara akurat dan benar berbagai potensi di desa binaannya untuk memacu aktifitas bidang pembangunan.

Serta dapat Meningkatkan Peran Sivitas Akademika STMIK Pringsewu dalam
mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, imbuh Andoyo.

Sementara Komandan Kodim 0424/Tanggamus Letkol. Arm. Miccha Aruan, pada sambutannya menyampaikan terimakasih atas inisiasi dari senior PWI Pringsewu, serta pihak STMIK Pringsewu yang memfasilitasi kegiatan ini, guna  memberikan ilmu bagi para Babinsa di wilayah Kabupaten Pringsewu.

"Semoga kegiatan positif ini dapat mendukung kinerja anggota kami dalam memberikan informasi positif tentang pembangunan di desa binaannya,"harapnya.

Kesempatan itu, Miccha Aruan, juga memberikan piagam penghargaan kepada pihak STMIK Pringsewu dan senior PWI Pringsewu atas  terselenggaranya  kegiatan pelatihan dasar-dasar jurnalistik bagi para Babinsa 0424/Tanggamus.

Wabup Pringsewu Fauzi saat membuka pelatihan mengatakan, ilmu yang didapat hari ini, tentang dasar-dasar jurnalistik, tentunya bisa dijadikan bekal bagi para Babinsa dalam perannya membina masyarakat di desa binaannya masing-masing.

"Saya yakin hal ini sangat positif dan dapat membantu pemerintah daerah dalam proses pembangunan melalui informasi karya jurnalistik," imbuh Fauzi. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com