Mudik Gratis BUMN, PT ASDP Siapkan Lima Bus

Tanggal 20 Apr 2022 - Laporan Alpandi - 720 Views
Pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

MOMENTUM, Bakauheni--Mendukung kelancaran program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan lima bus Damri untuk mengantarkan  pemudik tanpa dipungut biaya alias gratis.

Lima bus Damri itu melayani rute mudik Jakarta-Bandar Lampung via Serang-Kalianda. Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, program mudik gratis itu bagian dari realisasi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat.

"Program mudik gratis ini bentuk dukungan BUMN (PT ASDP) kepada pemerintah dalam  menghadirkan layanan transportasi angkutan lebaran tahun 2022 yang lancar, aman, sehat dan selamat," kata Shelvy Arifin, Rabu (20-4-2022).

Selain itu, lanjut dia, program tersebut juga bertujuan mengalihkan pemudik bersepeda motor ke moda transportasi yang lebih nyaman dan aman dengan menggunakan angkutan bus, kereta api atau kapal ferry.

"Program ini juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan, khususnya di saat musim mudik. Tahun ini, total kuota mudik gratis BUMN mencapai 20 ribu orang," terangnya.

Program mudik bersama BUMN ini menjadi bentuk nyata dukungan PT ASDP  dalam memberikan pelayanan transportasi aman dan nyaman pada  masyarakat. “ASDP tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tetapi peduli pada kebutuhan transportasi masyarakat yang cukup krusial dalam mendukung laju perekonomian," jelasnya.

Lima bus Damri yang disiapkan PT ASDP untuk program mudik gratis itu akan mulai beroperasi 27 April mendatang. 

Satu bus akan berangkat dari Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta dan diawali seremonial pemberangkatan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Sedangkan empat bus akan diberangkatkan dari dari pool Damri Kemayoran menuju pick up point berikutnya di Terminal Pakupatan, Serang.

Selanjutnya dari serang akan menyeberang via Pelabuhan Merak menggunakan ferry menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dan diteruskan ke Kota Bandarlampung.

Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis bersama ASDP, dapat mendaftar secara online melalui link formulir https://forms.gle/RReCLW7v6zy2fUXFA. Pendaftaran dibuka sejak Rabu (20-4-2022) dan ditutup pada 25 April 2022 (pendaftaran ditutup jika kuota telah terpenuhi). 

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi nomor kontak 081385422010.

Syarat mengikuti program mudik gratis, antara lain: sudah mendapatkan vaksinasi lengkap (dosis 1 dan 2) dan juga telah melakukan vaksin booster atau dosis ketiga.

Bagi peserta yang belum melakukan vaksin booster, namun telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan. 

Peserta yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

"Masyarakat yang berminat mengikuti mudik gratis dengan bus segera mendaftar. Pastikan kondisi kesehatan tetap prima dan tetap menerapkan protokol kesehatan selama melakukan perjalanan mudik," kata Shelvy. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Sempat Dirawat di RSUAM, Kondisi Satu JCH Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kondisi jemaah calon haji (JCH) asal Lam ...


Pringsewu Pelajari Sistem Pelayanan Terpadu d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mel ...


Pekon Ganjaran Salurkan Bantuan Beras kepada ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagel ...


508 Pegawai di Kabupaten Mesuji Terima SK PPP ...

MOMENTUM, Mesuji -- Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyerahkan S ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com