Kembangkan Usaha, KPRI Andan Jejama Gandeng Perum Bulog

Tanggal 21 Apr 2022 - Laporan Rifat Arif - 383 Views
Pengurus KPRI Andan Jejama Kabupaten Pesawaran

MOMENTUM, Gedongtataan--Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Andan Jejama Kabupaten Pesawaran terus berupaya mengbangkan usaha. Salah satunya dengan menggandeng Perum Badan Usaha Logistik (Bulog).

Hal tersebut disampaikan Ketua KPRI Andan Jejama, Silahuddin dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan angenda penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2021. Acara berlangsung di Aula Islamic Center, Kecamatan Gedongtataan, Kamis (21-4-2022).

"Pengurus KPRI Bumi Andan Jejama melalui rintisan dan menjaring mitra bisnis diantaranya bekerjasama dengan Perum Badan Usaha Logistik (Bulog)," kata Silahuddin.

Menurut dia, hal itu juga sesuai harapan Bupati Dendi Ramadhona yang menghendaki ASN setempat mengkonsumsi beras lokal. Selain itu juga salah satunya mendorong hasil produksi beras meningkatkan maupun kesejahteraan masyarakat petani akan lebih baik.

"Sehingga beras yang berasal dari Pesawaran itu bisa dirasakan oleh ASN, tentu saja Koperasi Andan Jejama Kabupaten Pesawaran terus berupaya untuk berbagai cara usaha demi meningkatkan kesejahteraan bersama," paparnya.

Dia juga menyebut, selama masa pandemi covid-19 terjadi penurunan jummlah anggota KPRI Andan Jejama. Penurunan disebabkan, anggota yang pensiun dan pindah tugas ke luar daerah.

"Pada tahun 2020 jumlah anggota tercatat 2.041 orang. Tahun 2022 menurun menjadi 1.986 orang," ungkapnya.

Penurunan jumlah anggota  itu mempengaruhi besaran Sisa Hasil Usaha (SHU).

"SHU pada tahun 2020 mencapai Rp281 juta. Tah8n ini (2022) hanya Rp191 juta," jelasnya. 

Sebelumnya, Staf Ahli Ekobang Pemkab Pesawaran  Mustari menyampaikan, forum laporan pertanggungjawaban itu merupakan sarana evaluasi kinerja dan manajemen koperasi.

"Sejauh mana keberhasilan pengurus dalam mengembangkan koperasi ini dengan memberdayakan anggotanya melalui pelayanan simpan pinjam dan usaha lainya, dievaluasi melalui forum RAT," ucapnya.

Selain itu, diharapkan peserta RAT dapat memberikan masukan positif bagi kemajuan Koperasi Andan Jejama.

"Saya percaya bahwa pelaksanaan tugas pengabdian dipertangungjawabkan. Ini merupakan upaya dan jerih payah yang maksimal, walaupun mungkin masih terdapat kekurangan sehingga di tahun mendatang koperasi kita semakin berkembang dan lebih maju lagi," harapnya.

RAT tersebut juga dihadiri Kadis Koperasi dan UMKM Pesawaran M. Iqbal dan Kepala Pengawas KPRI Andan Jejama. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com