Komisi D DPRD Lamsel Temukan Banyak Obat Kadaluarsa

Tanggal 25 Sep 2017 - Laporan - 902 Views
Anggota Komisi D DPRD Lamsel menunjukan peralatan medis kadaluarsa di salah satu puskesmas.

Harianmomentum.com--Obat-obatan dan peralatan medis kadaluarsa masih banyak ditemukan pada sejumlah  puskesmas di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). 


Kondisi tersebut diketahui dari hasil kunjungan kerja (kunker) Komisi D DPRD Lamsel ke sejumlah puskesmas di kabupaten setempat.Puskesmas yang menjadi lokasi kunker itu: Puskesmas Kecamatan Palas, Sragi, Waypanji, Tanjungsari, Katibung dan Puskesmas Jatiagung. 


"Kita temukan banyak obat kadaluarsa masih disimpen di gudang obat sejumlah puskesmas. Sebagian besar masa expayer obat-obatan itu tahun 2016. Padahal sekarang sudah tahun 2017," kata M Akyas anggota Komisi D DPRD Lamsel, Senin (25/9). 


Komisi D juga menduga terjadi miskomunikasi antara dinas kesehatan (dinkes) dan pihak puskesmas, terkait distribusi obat-obatan.  


"Berdasarkan penjelasan pihak puskesmas, banyak obat yang distribusikan dinkes tidak sesuai permintaan puskesmas. Tidak terlalu dibutuhkan pasien," terangnya. 


Hal senada juga disampaikan Sekretaris Komisi D Waris Basuki. Menurut dia, puskesmas juga memgalami kekurangan stok obat. 


“Dari beberapa puskesmas yang kami kunjungi, kendala yang paling mencolok adalah kurangnya persediaan obat-obatan, terutama obat yang paling dibutuhkan masyarakat. Persoalan ini akan menjadi catatan kami yang selanjutnya akan disampaikan kepada Dinas Kesehatan Lamsel,” tegasnya. (bob)

 
 
 
 
 
 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com