Pemkab Lamsel dan Baznas Salurkan 10 Ton Beras Zakat Fitrah

Tanggal 25 Apr 2022 - Laporan Endri. - 438 Views
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto melepas pendistribusian zakat fitrah yang dikelola bersama Baznas setempat.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menyalurkan zakat fitrah 10 ton beras kepada mustahiq (penerima zakat).

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melepas pendistribusian zakat fitrah tersebut di halaman Masjid Agung Kalianda, Senin (25-4-2022).

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Lampung Selatan Badruzzaman, Inspektur Lampung Selatan Anton Carmana, Komisaris Utama PT Lampung Selatan Maju (Perseroda) Supriyanto, para camat dan pengurus Baznas setempat.

Ketua Baznas Lamsel, A. Mukhlisin menyampaikan, Baznas menghimpun dan mengelola zakat fitrah aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Lamsel. Hampir seluruh ASN di Lamsel membayar zakat fitrah melalui Baznas.

“Laporan kami, menurut informasi ASN yang ada di Lampung Selatan sekitar 7.000 orang. Yang zakat yang melalui Baznas ada 6.604 orang. Hampir 100 persen. Ditambah forkopimda, dari Kemenag yang masuk ada 767 pegawai,” ujarnya.

Mukhlis berharap, kedepan pengelolaan zakat semakin baik dan makin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Pada saat ini, ada 10 ton beras yang didistribusikan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang sudah dibentuk di 17 kecamatan.

“Alhamdulillah 17 kecamatan sudah terbentuk. Ini telah hadir para ustadz dan para kyai yang insyaallah akan membantu perjalanan Baznas ke depan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Nanang Ermanto mengapresiasi ASN yang memberikan dukungan kepada Baznas untuk kepedulian, kewajiban sebagai umat Islam untuk membayar zakat fitrah.

“Saya juga mengapresiasi jajaran Baznas yang baru beberapa bulan kita bentuk, yang selama ini vakum, insyaallah harapan kita bahwa Baznas ini sangat penting sebagai fondasi pemerintah daerah juga,” katanya.

Nanang juga mengatakan, kemandirian dalam segala aspek pembangunan, insfrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Baznas nanti akan hadir di tengah masyarakat terkait dengan pendidikan, kesehatan dan rumah tidak layak huni.

“Seluruh elemen yang ada di Lampung Selatan, pelaku-pelaku usaha kita ajak untuk memberikan zakatnya melalui Baznas," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com