Operasi Ketupat, Polisi Siap Kawal Pemudik

Tanggal 28 Apr 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 536 Views
Kabag Operasi Polres Pringsewu Kompol Martono.

MOMENTUM, Pringsewu  -- Operasi Ketupat untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2022, dimulai pada Kamis (28-4-2022) pukul 00.00 Wib.

Polres Pringsewu menempatkan sejumlah personel di pos pelayanan dan pengaman guna melayani para pemudik.

Namun, menurut Kabag Operasi Kompol Martono, dalam Operasi Ketupat tahun ini, Polres Pringsewu memberikan beberapa jenis pelayanan yang bisa dimanfaatkan pemudik maupun masyarakat nonpemudik.

Diantaranya, pelayanan pengawalan pemudik, pengawalan pengambilan uang tunai dan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi.

"Pelayanan ini diberikan sebagai bentuk tanggungjawab Polri sebagai aparat pemelihara keamanan sekaligus dan juga selalu aparat pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat," jelas Martono, mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Kamis (28/4/2022).

Dia menjelaskan, bagi pemudik yang ingin mendapatkan pelayanan pengawalan, bisa datang langsung ke pos pelayanan Operasi Ketupat atau pos lalu lintas yang ada di wilayah hukum Polres Pringsewu. "Pengawalan akan dilakukan secara estafet oleh personil Satuan Lalu Lintas sesuai rute yang ditentukan,"terangnya.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang butuh pengawalan dalam pengambilan uang tunai,  agar datang langsung ke kantor kepolisian terdekat baik Polres, Polsek atau Polsubsektor. "Personel yang akan melakukan pengawalan terdiri dari personil Sat Samapta dan Reskrim," ucap Martono.

Sementara untuk pelayanan kesehatan dan vaksinasi, Polisi bekerjasama dengan tenaga medis dari dinas kesehatan kabupaten, telah menyiapkan secara tetap di pos pelayanan lebaran yang berlokasi di rest area Pekon Wates, Gadingrejo, Pringsewu.

"Pelayanan yang kami sediakan diberikan secara gratis, jadi masyarakat tidak usah takut,"ungkapnya

Tak lupa, dalam musim mudik tahun ini, Kabag Ops pun mengimbau masyarakat yang ingin melaksanakan mudik lebaran dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, untuk memberitahukan kepada para tetangga rumah, perangkat desa dan juga aparat keamanan.

"Kami mengimbau masyarakat yang tinggalkan rumah apabila tidak ada orang lain atau keluarga ini bisa titipkan atau beritahu kepada pihak Kelurahan, RT, RW setempat termasuk dari kepolisian polsek-polsek juga," katanya

Kabag Ops menambahkan, jika nanti sudah dilaporkan akan didata dan bisa dipantau untuk mencegah hal yang tak diinginkan terjadi.

"Termasuk apabila ada barang berharga dan benda bergerak lain seperti motor, mobil yang tidak dibawa mudik dan tidak aman di rumah, bisa dititip ke kantor polisi terdekat, dan setelah mudik, barang-barang itu bisa diambil masyarakat dengan baik,"imbuhnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Sidang Lapangan, PTPN VII Buktikan Putusan PN ...

MOMENTUM, Waykanan -- Sengketa lahan milik PT Perkebunan Nusantar ...


Konfirmasi Soal Limbah Tapioka PT BW, Kendara ...

MOMENTUM, Tulang Bawang--Dedi, wartawan di Kabupaten Tulang Bawan ...


Nasdem Undang Putra Putri Terbaik Ikut Penjar ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Buka penjaringan bakal calon kepala daer ...


Satres Narkoba Lamteng Tangkap Bandar Sabu ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Bandar narkoba berhasil diringkus oleh ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com