Pelindo Panjang Siap Dukung Arus Balik di Lampung

Tanggal 04 Mei 2022 - Laporan Nurjanah/rls - 455 Views
Gubernur Arinal Djunaidi saat kunjungan ke Pelindo Panjang.

MOMENTUM, Bandarlampung--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Panjang siap mendukung kelancaran arus balik lebaran Idulfitri 1443 Hijriyah.

Hal itu disampaikan General Manager PT Pelindo Regional 2 Panjang Adi Sugiri, Rabu (4-5-2022).

Adi Sugiri mengatakan pihaknya siap mendukung dan mensupport program Pemerintah dalam hal ini kementerian Perhubungan guna mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan baik motor maupun mobil pada arus balik Idulfitri 1443 H tahun 2022 khususnya dari Pelabuhan Panjang.

"Pelindo menyiapkan tiga dermaga untuk mendukung kelancaran arus balik dari Provinsi Lampung maupun sebaliknya," kata Adi Sugiri.

Menurut dia, ketiganya yakni dermaga A panjang 212 meter (M) dengan kedalaman -6 hingga -8 Mean Low Water Spring (mLWS). mLWS adalah kedalaman muka laut yang kedudukannya paling rendah terhadap ketinggian surut laut rata-rata.

Kemudian, dermaga B panjang 170 M dengan kedalaman -6 hingga -8 mLWS dan dermaga C panjang 375 M dengan kedalaman -7 hingga -11 mLWS.

Berdasarkan informasi dari Kementrian Perhubungan, kata dia, rencananya akan ada enam kapal tambahan sejak 4  Mei 2022 untuk rute Pelabuhan Panjang-Ciwandan.

"Hari ini telah bertolak kapal motor (KM) Ciremai milik PT Pelni dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan Banten," ujarnya.

Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan jaga dengan pola 24/7 atau 24 jam perhari selama sepekan. "Fasilitas pendukung seperti area parkir dengan luas yang dapat menampung 1.500 unit kendaraan pemudik, tenda - tenda tempat istirahat para pemudik serta fasilitas pendukung lainnya seperti musala dan toilet bantuan dari pemerintah daerah setempat telah dipersiapkan," kata Adi.

Berdasarkan perkiran dari Kemenhub puncak kepadatan trafik arus balik akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com