Hingga Sabtu, Pemudik yang Kembali ke Jawa Baru 40 Persen

Tanggal 08 Mei 2022 - Laporan Endri. - 677 Views
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

MOMENTUM, Bakauheni--Hingga Sabtu 7 Mei 2022, sekitar 40,78 persen atau 364.673 pemudik kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Sementara jumlah kendaraan yang menyeberang dari Bakauheni ke Merak, dipekirakan mencapai 40 ribu unit.

Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, arus balik Lebaran 2022, jika melihat grafik data tercatat, dalam dua hari ini arus penumpang dan kendaraan pemudik kapal ferry dari Sumatera ke Jawa terus meningkat.

"Kami bersama dengan stakeholder terkait telah menyiapkan skema dalam menghadapi puncak arus balik. Mulai dari rekayasa lalu lintas dengan pengaturan di rest area Tol Trans Sumatera arah Bakauheni," kata Kapolri saat mengunjngi Pelabuhan Bakauheni bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, didampingi Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Menurut Kapolri, jika terjadi kepadatan di pelabuhan, disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif. Guna mengantisipasi kemacetan arus balik di Pelabuhan Merak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan arus balik penyeberangan dari Sumatera menuju Jawa sejauh ini berjalan lancar, aman.

Menhub menyebutkan, untuk memecah kepadatan arus balik di penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif, khususnya untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju di Ciwandan, Banten.

Hingga Sabtu (7-5) siang, sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk/bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan.

Menhub mengungkapkan, untuk mengendalikan lonjakan arus balik, pihaknya juga meminta masyarakat untuk mengatur jadwal pulang dengan menghindari waktu puncak arus balik (6 hingga 8 Mei 2022).

Pemerintah akan memberikan kelonggaran membolehkan para pekerja untuk cuti setelah 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring. “Jadi bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring,” tuturnya.

Budi menambahkan, saat ini masih 60 persen pemudik yang belum kembali ke Jawa dari Sumatera. "Saat puncak arus mudik kemarin terjadi antrean hingga 10 km di Merak, terdapat 37.000 unit kendaraan. Karena itu kita menjaga, agar masyarakat tunda dulu perjalanan, dan kembali setelah tanggal 8 Mei 2022. Bisa Senin atau Selasa pekan depan," tuturnya lagi.

Data Posko 24 Jam H+3 (6 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 7 Mei 2022 pukul 08.00 WIB), mencatat sejumlah 142.377 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak, diikuti oleh motor sebanyak 11.413 unit, kendaraan sebanyak 18.863 unit, kendaraan bus sebanyak 567 unit, dan kendaraan truk sebanyak 695 unit, dengan total kendaraan pada H+3 sebanyak 31.538 unit.

Total penumpang yang kembali ke Pulau Jawa mulai 3 Mei hingga 6 Mei 2022 (hari raya Idulfitri hingga H+3) sebanyak 364.673 orang atau mencapai 40,78 persen dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat dari Merak mulai H-10 sampai hari lebaran sebanyak 894.063 orang.

Sementara jumlah kendaraan telah kembali ke Pulau Jawa dalam periode tersbut sebanyak 80.216 unit atau mencapai 38,2 persen dibandingkan jumlah kendaraan yang berangkat dari Merak sebanyak 209.460 unit kendaraan.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan pesan agar masyarakat mempersiapkan perjalanan arus balik dengan baik mengingat sudah tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan.

"Pastikan pemudik membeli tiket ferry hanya di website & Aplikasi FERIZY.com atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamaret, Agen BRILink dan Agen Finpay. Dan untuk memastikan ketersediaan tiket dan memperlancar pelayanan di pelabuhan, pastikan sudah membeli tiket minimal 1 hari atau maksimal 60 hari sebelum keberangkatan.

Selanjutnya, atur waktu kedatangan tiga jam sebelum waktu masuk pelabuhan yang sudah dipilih," ujar Shelvy merinci.(*)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Musholla Al-Ma’un Kebun Blimbing PTPN I Reg ...

MOMENTUM, Pekalongan -- Region Head (RH) PT Perkebunan Nusantara ...


Gelar Begawi Adat, Jalan Putri Balaw Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat adat marga balaw Tiyuh Kedama ...


Dibangun Sejak Walikota Lukman, Warga Metro G ...

MOMENTUM, Metro--Warga Jalan Madukoro, Kelurahan Tejosari Kecamat ...


Banner Festival UMKM di Metro Ganggu Ketertib ...

MOMENTUM, Metro--Pemasangan banner Festival UMKM di Kota Metro di ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com