Lamtim Canangkan Imunisasi Anak Nasional

Tanggal 18 Mei 2022 - Laporan Arif Fahrudin. - 803 Views
Pencanangan Imunisasi Nasional Tingkat Kabupaten Lampung Timur.

MOMENTUM, Sukadana--Bupati Lammpung Timur (Lamtim) M Dawam Raharjo mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Kabupaten di Aula Puskesmas Sukadana, Rabu (18-5-2022).,

Dihadiri Wakil Bupati, Sekda Lamtim, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, para asisten, staf ahli dan kepala dinas/instansi setempat.

Dawam menjelaskan pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Hal ini menyebabkan banyak anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia.

"Data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin yang cukup signifikan baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan," ujar Dawam didampingi Wakil Bupati Azwar Hadi, Plt Kadis Kesehatan Satya Purna Nugraha.

Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap satu seluruh provinsi di luar Pulau Jawa, yang dilaksanakan pada Mei 2022. Tahap kedua dilaksanakan di seluruh provinsi di Pulau Jawa pada Agustus 2022.

"Imunisasi yang akan diberikan ada dua macam yaitu campak Rubella untuk anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun dan imunisasi kejar yaitu melengkapi imunisasi Dasar Lengkap (IDL) yang terlewat untuk sasaran anak 12 bulan sampai dengan 59 bulan," tambahnya.

Dawam mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Lampung Timur, untuk terlibat dalam kegiatan tersebut, dengan mengajak anak-anak usia sembilan bulan sampai dengan usia kurang dari 12 tahun.

"Anak pada usia tersebut dibawa untuk datang ke sekolah, Puskesmas, Posyandu, Poskesdes, dan berbagai fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imunisasi tambahan sesuai waktu yang telah ditentukan," ajaknya.

Sementara itu Plt Kadis Kesehatan Satya Purna Nugraha mengatakan untuk Kabupaten Lampung Timur kegiatan BIAN serentak dimulai 18 Mei sampai Juni 2022.

"Untuk Kabupaten Lampung Timur dengan sasaran berjumlah 194.178 anak yang tersebar di 24 kecamatan, dengan lokasi pelayanan pada PAUD, TK, SD/MI, posyandu-posyandu, pustu dan puskesmas," katanya. (*).

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com