UBL dan PT Pindad Jalin Kerjasama Penelitian

Tanggal 18 Mei 2022 - Laporan Glenn KS. - 635 Views
Jajaran UBL dan PT Pindad dengan salah satu kendaraan tempur hasil produksi PT Pindad.

MOMENTUM, Bandarlampung--PT Pindad menjalin kerjasama dengan Universitas Bandar Lampung (UBL) dalam bidang pendidikan dan penelitian bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nota kesepahaman kerjasama ditandatangani Direktur Utama PT. Pindad, Abraham Mose dan Rektor UBL, M. Yusuf Sulfarano Barusman pada Selasa (17-5-2022).

Melalui kerjasama itu, menurut Kepala Pusat Studi Mekatronika dan Otomatisasi UBL, Riza Muhida, UBL dapat melakukan pengujian dan pelatihan sistem teknologi informasi, otomatisasi dan robotika pada proses produksi persenjataan tempur dan transportasi khusus.

Pengujian itu dilakukan di laboratorium PT Pindad. Menurut dia, Pindad juga menyediakan sumber daya manusia (SDM) untuk menunjang pelaksanaan penelitian UBL selama di sana.

Kerjasama tersebut, kata dia, memberikan keuntungan bagi dosen dan mahasiswa untuk terlibat di industri secara langsung baik melalui penelitian maupun magang khususnya di industri Hankam.

Selain itu, adanya kerjasama ini, penelitian di UBL akan semakin meningkat terutama di bidang alutsista.

"Banyak dosen UBL yang bisa terlibat dengan kegiatan PT. Pindad, misalkan dalam bidang robotika, teknologi informasi dan manajemen. Mahasiswa juga bisa magang menerapkan ilmu yang di terima dan praktisi PT. Pindad juga bisa mengajar di UBL,” kata Riza, Rabu (18-5-2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi kegiatan yang sudah dilaksanakan dari kerjasama penelitian yang didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Yaitu tentang “Rancang Bangun Kendaraan Pemandu Otomatis” dan “Sistem Inventory di PT. Pindad” (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com