Kakon Margakaya Serahkan Senpi Ilegal ke Polres Pringsewu

Tanggal 02 Jun 2022 - Laporan Sulistiyo - 383 Views
Kepala Pekon/Desa Margakaya, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu Abidin menyerahkan senpi ilegal milik warga kepada aparat kepolisian setempat

MOMENTUM, Pringsewu--Kepala Pekon/Desa Margakaya, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu Abidin menyerahkan sepucuk senjata api (senpi) rakitan jenis laras panjang ke polres setempat. Senpi tanpa amunisi itu diterima Ps Kasi Hukum Polres Pringsewu Aipda. Kohar Adijaya, Kamis (2-6-2022).   

"Senpi ini milik salah seroang warga. Atas dasar kesadaran, dia (warga) menyerahkan ke saya untuk diteruskan ke pihak kepolisian," kata Abidin yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pringsewu.

Kasat Reskrim Polres Pringsewu Iptu.Feabo mengapresiasi penyerahan senpi tersebut.  "Kami sangat mengapresiasi langkah warga yang dengan sukarela menyerahkan senpi rakitan tersebut. Ini embuktikan bahwa masyarakat Pringsewu sudah memiliki ketaatan dan kesadaran hukum yang kuat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Iptu.Feabo mewakili Kapolres Pringsewu AKBP. Rio Cahyowidi.

Dia mengimbau warga yang masih memiliki dan menyimpan atau menguasai senpi ilegal, segera menyerahkan kepada kepolisian.

"Warga yang menyerahkan senpi ilegal dengan sukarela, tidak akan diproses hukum. Justru kita apresiasi," ungkapnya.

Sebaliknya, jika ada yang kedapatan sengaja memiliki, menyimpan dan menguasai sepni ilegal tanpa mau menyerahkan kepada kepolisian, akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. 

"Kalau kedapatan sengaja menyimpan senpi ilegal akan kita sita dan proses secara hukum sesuai Pasal 1 ayat 1 Undang Undang Darurat Nomor: 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal dua puluh tahun penjara,” tegasnya. (**)


Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


Demi Narkoba, Pemuda Asal Pringsewu Gelapkan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Bermodus rental, seorang pria berinisial AI ...


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com