Metro Deklarasi Lima Pilar STBM

Tanggal 07 Jun 2022 - Laporan Opie/rio - 849 Views
Deklarasi lima pilar STBM di Kota Metro

MOMENTUM, Metro--Mewujudkan lingkungan bersih, sehat, tertib dan nyaman menjadi salah satu komitmen program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Metro.

Terkait hal tersebut, Pemkot Metro menggelar Deklarasi Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB), Rabu 7 Juni 2022. Walikota Metro Wahdi Sirajuddin mengatakan, deklarasi tersebut sebagai tindak lanjut kerja sama Pilot Projek Community Development dengan Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Lampung.

"Lima pilar STMB ini: Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan  Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga," kata walikota.

Dengan deklarasi lima pilar tersebut, lanjut dia, pelaksanaan Pilot Projek Community Development berupa pembentukan Bank Sampah di tiap kelurahan akan semakin efektif.

"Untuk menuju kota bersih berkelanjutan kita menggerakkan bank sampah disetiap kelurahan. Tentu ini sesuai dengan visi dan misi Kota Metro di poin yang keempat, membangun dengan memikirkan lingkungan dan keberlanjutan," terangnya.

Dia menjelaskan  pengelolaan sampah memang  tidak masuk dalam prioritas tiga program pembangunan. Tapi harus dilihat membangun infrastruktur berbasis lingkungan tidak lepas dari sampah. 

Karena itu, Pemkot Metro perlu menggandeng perusahaan-perusahaan agar mampu terciptanya kota berkelanjutan. 

"Dalam menciptakan ini tentu perlu anggaran yang besar. Maka kita gandeng perusahaan besar seperti Coca-Cola Europacific Partner bersama afiliasi nya. Kita ajak untuk pengelola beberapa jenis sampah dan Insyaallah Metro sudah mengelolanya," tegasnya. (**) 

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com