Khilafatul Muslimin Belum Terdaftar di Lamtim

Tanggal 08 Jun 2022 - Laporan Arif Fahrudin - 442 Views
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lampung Timur Darmuzi

MOMENTUM, Sukadana--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) memastikan keberadaan Khilafatul Muslimin belum terdaftar sebagai organisasi masyarakat atau keagamaan di kabupaten setempat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpo)l Lamtim Darmuzi mengatakan, memang ada kepengurusan Khilafatul Muslimin  di salah satu kecamatan. Namun, hingga saat ini kepengurusan organisasi tersebut belum terdaftar di Kesbangpol setempat.

Menurut dia, Kesbangpol Lamtim pernah meminta pengurus Khilafatul Muslimin  mendaftarkan organisasinya. "Sampai hari ini, belum ada perwakilan pengurus Khilafatul Muslimin yang menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran ke Kesbangpol Lampung Timur," kata Darmuzi, Rabu (8-6-2022).

Menurut dia, berdasarkan pantauan, aktivitas Khilafatul Muslimin di kabupaten setempat, masih  sebatas dakwah dan pengajian. "Belum ada laporan terkait kegiatan Khilafatul Muslimin yang mencurigakan dan meresahkan masyarakat," terangnya.

Terkait penangkapan pimpinan Khilafatul Muslimin Provinsi Lampung oleh aparat Polda Metro Jaya, Kesbangpol Lamtim bersama Kemenag dan pihak terkait lainya, terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas organisasi tersebut.

Baca juga: Polda Metro Jaya Tangkap Pimpinan Khilafatul Muslimin Lampung 

Terpisah, Kepala Kepala Seksi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamtim Daroji membenarkan, hingga saat ini Khilafatul Muslimin belum terdaftar di Kesbangpol maupun Kemendagri.

"Anggota Khilafatul Muslimin di Lampung Timur ini tidak banyak, masih dalam hitungan puluhan," kata Darmuji mewakili Kepala Kantor Kemenag setempat Indrajaya.

Terkait aktivitas organisasi tersebut, lanjut dia, masih sebatas pengajian di kalangan sendiri.

Meski demikian, Kemenag Lamtim  terus melakukan pembinaan terhadap para pengurus dan anggota Khilafatul Muslimin. "Petugas kami dari Kemenag dan Kantor Urusan Agama di kecamatan rutin melakukan pemantauan dan pembinaan," terangnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com