KPK Berikan Bimbingan Teknis Desa Antikorupsi di Hanura

Tanggal 14 Jun 2022 - Laporan Rifat Arif. - 518 Views
Bupati Dendi Ramadhona saat memberikan sambutan dalam Bimtek Desa Antikorupsi di Desa Hanura, Kecamatan Telukpandan.

MOMENTUM, Telukpandan -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa Antikorupsi di Balai Desa Hanura Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran.

Kepala Satgas 1 Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Rino Haruno mengatakan, kegiatan ini merupakan tundak lanjut dari terpilihnya Desa Hanura menjadi pelopor desa antikorupsi.

"Pada awal tahun ini kami melakukan observasi 30 desa yang akan menjadi percontohan. Dari 30 itu mengkrucut menjadi 10 desa. Desa Hanura terpilih mewakili Provinsi Lampung menjadi desa antikorupsi," katanya, Selasa (14-6-2022)

Karena itu, selama dua hari pihaknya akan memberikan bimtek kepada seluruh aparatur desanya agar Hanura masuk dalam indikator penilaian desa antikorupsi. Pada Agustus mendatang akan ada penilaian, apakah Hanura mencapai indikator tersebut atau tidak. Kalau mencapai akan mendapatkan penghargaan dari KPK dan kementerian terkait.

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan, desa antikorupsi bukanlah sebuah aplikasi ataupun membangun sistem baru.

Dendi menyebut upaya itu untuk membangun implementasi dan sinergitas program pemerintah dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan desa yang bebas dari korupsi.

"Desa antikorupsi mengutamakan implementasi nyata di lapangan dalam mendukung perubahan kebiasaan korupsi menjadi budaya antikorupsi. Tata kelola pemerintahan desa yang bersih, transparan dan bertanggungjawab, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat pada pembangunan di desa," katanya.

Menurut dia, suatu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Pesawaran, karena KPK memilih Desa Hanura sebagai salah satu percontohan desa antikorupsi.

"Semoga Desa Hanura dapat menjadi pilot project bagi desa-desa lain di Kabupaten Pesawaran dan dapat menjadi awal pencegahan korupsi dari tingkatan terkecil sampai mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com