Ketua KPU Tuba Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Rasional

Tanggal 15 Jun 2022 - Laporan Abdul Rohman. - 587 Views
Peluncuran tahapan pemilu 2024 yang digelar KPU Tulangbawang.

MOMENTUM, Menggala -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang (Tuba) menggelar kegiatan peluncuran pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024.

Kegiatan itu, merupakan rangkaian yang kedua dilaksanakan KPU. Pertama, peluncuran tentang hari pemungutan suara pemilu yang dilaksanakan pada 14 Februari silam.

"Semalam itu launching (peluncuran) tentang tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai," kata Ketua KPU Tuba, Reka Punata, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15-06-2022).

Dikatakan, peluncuran itu untuk menunjukkan kepada publik bahwa pesta lima tahunan itu sudah pasti digelar karena sudah ada peraturan perundang-undangnya. "Pemilihan umum yang dilaksanakan 5 tahun sekali itu sudah pasti bakal digelar pada 2024," terang dia.

Sementara, tahapan pemilu dimulai sejak 14 Juni hingga 20 bulan ke depan. Nah, tahapan apa saja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu pendaftaran dan verifikasi partai politik.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis secara terperinci mengenai jadwal tahapan yang diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022.

"Kita selaku penyelenggara ini melayani dua pihak pertama melayani beserta pemilu. Siapa peserta pemilu itu adalah partai politik. Kedua melayani pemilih yang sudah memenuhi syarat. Kita mengupayakan atau memastikan semua pemilih yang sudah memenuhi syarat bisa memberikan hak pilihnya," jelas dia.

Dia menjelaskan, partisipasi masyarakat terus meningkat kemudian ada keterlibatan masyarakat umum ini untuk sama-sama mensukseskan pemilu 2024. Mewujudkan pemilu yang bukan hanya prosedural hanya mengenai tahapan-tahapan saja. Tapi, substansial maupun pemilu yang luber jurdil itu bisa terlaksana. Politik uang itu tidak ada.

"Jadilah pemilih yang rasional, kemudian bisa terlahirkan para legislatif presiden dan gubernur ketika pemilihan serentak itu memang benar-benar bisa merepresentasikan kepentingan masyarakat," kata dia. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Advokat, Politisi dan Tokoh Muda Ambil Formul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Sejumlah tokoh dan politisi pada hari yang ...


Modal Tujuh Kursi DPRD, PKS Bandarlampung Buk ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Ban ...


Janji Lanjutkan Kotabaru, Yusuf Kohar Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kotabaru, Lampung Selatan, semula akan d ...


KPU Pringsewu Pleno Penetapan Perolehan Kursi ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com