Viral Kakek Diupah Uang Mainan, AKP Wido: Itu Berita Bohong!

Tanggal 20 Jun 2022 - Laporan Abdul Rohman - 584 Views
Mbah Sunardi (72), menandatangani pernyataan soal berita bohong terkait upah uang mainan./ist

MOMENTUM, Menggala--Sempat menghebohkan jagat maya, video yang menunjukkan seorang kakek mengaku hasil jerih payahnya sebagai buruh tebang tebu diupah dengan uang mainan dipastikan hoax alias berita bohong.

Hal itu disampaikan Kasat Reskrim, AKP Wido Dwi Arifiya Zaen, mewakili Kapolres Tulangbawang, AKBP Hujra Soumena, Senin (20-06-2022).

Dalam video yang viral tersebut, sang kakek bernama Sunardi (72), berprofesi buruh, warga Tiyuh Kagungan Ratu, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang, membawa uang sebanyak Rp450 ribu, dengan pecahan Rp100 ribu sebanyak dua lembar, dan pecahan Rp50 ribu sebanyak lima lembar.

Diketahui, sang kakek dalam video hendak berbelanja membeli daging ayam di Pasar Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Sabtu (18-06-2022), sekitar pukul 11.00 WIB.

Guna memastikan kebenaran dari video yang telah viral ini, Unit Tipidter Satreskrim Polres Tulangbawang, langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan.

"Petugas kami yang dipimpin langsung oleh Kanit Tipidter Satreskrim, Ipda Andy Ruswandy, SH, MH, langsung melakukan penyelidikan untuk memastikan kebenaran dari video yang viral di jagat maya itu," kata Kasat Reskrim, AKP Wido Dwi Arifiya Zaen.

Hasil dari penyelidikan tersebut, lanjut AKP Wido, didapatkan fakta bahwa tidak benar uang mainan sebanyak Rp450 ribu tersebut berasal dari uang gajian tebang tebu seperti menurut pengakuan sang kakek di dalam video.

Kasat Reskrim menjelaskan, bahwa uang mainan yang dibawa sang kakek untuk berbelanja membeli daging ayam di Pasar Pulung Kencana, menurut pengakuan sang kakek saat ditemui dan diinterogasi oleh petugas uang tersebut ditemukannya di pinggir jalan.

"Motif dari sang kakek ini berbohong adalah untuk mendapatkan kembalian dengan uang asli, setelah dia membayar dengan menggunakan uang mainan yang ditemukannya di pinggir jalan," jelas AKP Wido.

Kejadian yang diceritakan oleh sang kakek dan sempat viral di jagat maya adalah rekayasa dari sang kakek atau berita bohong (hoax).

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar menghentikan penyebaran berita bohong terkait seorang kakek yang mengaku dibayar dengan uang mainan. Saring sebelum sharing dan bijaklah dalam bermedia sosial," pungkas AKP Wido.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Modus Rental, Oknum Warga Tulangbawang Gondol ...

MOMENTUM, Lambukibang--Unit Reserse Kriminal ( Reskrim ) Polsek L ...


Polisi Tangkap Pembuang Bayi di Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus - Tekab 308 Polres Tanggamus berhasil mengung ...


Diduga Saling Ejek di Instagram, Tawuran Tewa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aksi tawuran melibatkan dua kelompok rem ...


Niat Hati Kuasai Tanah Pasar, Kakam Bandarsar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Persoalan kepemilikan tanah menjadi per ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com