Bandaragung, Kampung Mandiri yang Siap Wakili Lampung

Tanggal 22 Jun 2022 - Laporan Agus Setiawan - 808 Views
Penilaian lomba kampung di Lamteng.

MOMENTUM, Bandaragung--Bandaragung merupakan kampung mandiri yang telah melakukan berbagai inovasi di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

"Berbekal kemajuan itu, Kampung Bandaragung siap menjadi pemenang untuk mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Kampung Tingkat Nasional," kata Kepala Kampung (Kakam) Bandaragung Slamet Sutopo, Rabu (22-6-2022).

Dia mengatakan, dengan persiapan yang mengedepankan kebersamaan dan kekompakan baik dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah, kita siap untuk menang.

"Bersama Bupati Musa Ahmad dan Pemerintah kecamatan serta Forkopimcam Terusannunyai. Kami siap mewakili Provinsi Lampung," tegas dia.

Untuk mendukung semangat pelayanan yang dimiliki Bupati Musa Ahmad, dia menambahkan, sebagai Kampung Smart Village telah melakukan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat melalui smartphone dengan menggunakan taping E-KTP di setiap RT. "Dengan demikianb, masyarakat tidak perlu hadir ke kantor kampung," katanya.

Lanjut Slamet Sutopo, sebagai langkah untuk meningkatan pendapatan asli kampung, pihaknya sudah membentuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) pada tahun 2017 yang saat ini memiliki lima unit usaha yaitu pasar kampung, isi ulang air minum, E-Samdes, penyewaan ruko dan Pujasera terakhir budidaya maggot.

"Pemberdayaan industri kecil dan menengah Kampung Bandaragung, menjadi pokok perhatian disaat pandemi Covid-19. Kami memiliki produk-produk unggulan berupa tepung cassava, tiwul lele dan tiwul super," ujarnya.

Dengan usaha itu, wilayah ini berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi di zona positif pada masa pandemi Covid-19. "Hal ini dikarenakan kami memiliki produk unggulan yang memberdayakan masyarakat dan industri kecil menengah, pemanfaatan lahan pekarangan oleh KWT serta budidaya tanaman obat keluarga melalui kegiatan Gema Toga Berjaya oleh TP PKK," kata Kakam.

Kakam Bandaragung Slamet Sutopo berharap dengan kemajuan yang ada di Kampung Bandaragung, kiranya Ketua Tim untuk melakukan klarifikasi lapangan di wilayahnya. "Karena pemenang itu hanya satu, bukan dua atau tiga dan itu Bandaragung," pungkas Slamet Sutopo.

Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Dr. Zaidirina, M.Si berserta rombongan mengunjungi Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusan Nunyai, Rabu 22 Juni 2022.

Kedatangan Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Zaidirina ini disambut meriah oleh masyarakat yang sangat antusias mengikuti Lomba Kampung tersebut.

Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Zaidirina didamping oleh Bupati-Wakil Bupati Lampung Tengah H Musa Ahmad, S.Sos dan dr H Ardito Wijaya bersama Kepala Perangkat Daerah dan Forkopimda Lampung Tengah.

Selain itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad juga turut hadir diacara itu. Terlihat juga, Camat se-Kabupaten juga menyempatkan hadir dalam acara tersebut.

Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Zaidirina yang juga Pj Bupati Tulang Bawang Barat menjelaskan, kegiatan dan lomba ini lanjutnya, dimaksudkan untuk melihat sekaligus mengevaluasi perkembangan Kampung dari tiga aspek sesuai Permendagri.

"Perlombaan Desa dan Kelurahan pada tahun 2022 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini berada pada kondisi Endemi Covid 19. Meskipun pandemi saat ini sudah cukup melandai, penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan lomba desa dan kelurahan harus tetap dilakukan dengan sebaik mungkin," kata.

“Melalui kesempatan ini kami minta kepada Kepala Kampung beserta perangkatnya agar dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat Kampung akan semakin berhasil guna dan berdaya guna untuk provinsi Lampung yang berjaya," pungkasnya. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com