Operasi Patuh Krakatau 2022, Polres Pringsewu Tindak 989 Pelanggar Lalu Lintas

Tanggal 28 Jun 2022 - Laporan Sulistyo - 406 Views
Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri.

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Kepolisian Resor (Polres) Pringsewu menindak 969 pelanggar lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau, 13--26 Juni 2022.

Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Selasa (28-6-2022).

"Mayoritas pelanggarannya terlihat jelas secara kasat mata, seperti tidak memakai helm, tidak menggunakan safety belt, melawan arus dan berbonceng lebih dari satu orang," kata kasat.

Iptu Khoirul menyebutkan, meski kedapatan melakukan pelanggaran, para pengendara yang terjaring operasi mendapatkan teguran agar tidak mengulangi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan, demi keselamatan pengendara tersebut.

“Penegakan hukum kami berikan berupa teguran secara simpatik kepada masyarakat dengan harapan menumbuhkan kesadaran masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Pringsewu menjelaskan, tak hanya pelanggaran lalu lintas angka dan fatalitas kecelakaan lalu lintas juga mengalami penurunan 40 persen dibandingkan pelaksanaan operasi patuh pada tahun sebelumnya.

Dia menyebutkan, pada 2021 terjadi lima kasus kecelakaan yang mengakibatkan dua korban jiwa, satu korban luka berat, seorang korban luka ringan dan kerugian materil Rp2,6 juta. Namun pada 2022, terjadi tiga kasus kecelakaan dan hanya mengakibatkan korban luka berat 3 orang dan 1 korban luka ringan serta kerugian materil Rp2,1 juta.

Iptu Khoirul Bahri mengungkapkan,  kesuksesan operasi patuh tak lepas dari peran serta seluruh pihak, baik aparat kepolisian yang secara masif terus melakukan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas. "Juga karena tingginya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas," ungkapnya.

Dia menambahkan, meskipun operasi patuh sudah selesai pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Polsek Bangun Rejo Dalami Kasus Penemuan Maya ...

MOMENTUM, Bangunrejo--Warga Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangu ...


Polres Lampura Tangkap Pencuri di Rumah Kades ...

MOMENTUM, Kotabumi--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi Sat ...


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com